22 September 2019 | Dilihat: 2644 Kali
Kabut Asap dari Riau Selimuti Langit Aceh Timur
noeh21
 

IJN - Aceh Timur | Langit di Aceh Timur tidak lagi biru. Diduga akibat asap kebakaran hutan dan lahan di wilayah Pekanbaru, Provinsi Riau, terus menyelimuti kabupaten Aceh Timur. Keadaan ini telah berlangsung sejak Selasa lalu hingga Minggu 22 September 2019.
 
Pantauan Indojayanews.com, kabut asap di kawasan Aceh Timur ini terpantau di sejumlah Kecamatan, seperti Peureulak Timur, Sungai Raya, Birem Bayeun, Peureulak, Peureulak Barat.
 
Kemudian kecamatan Rantau Peureulak, Serba Jadi, Peudawa, Idi Rayeuk, Nurussalam, Darul Ihsan, Darul Aman, Simpang Ulim.
 
Kabut asap tersebut kian hari makin tebal dan mengganggu aktivitas warga, seperti halnya yang dikatakan Syawal, pemuda Gampong Seuneubok Jalan Kecamatan Peureulak Timur, yang mulai resah dengan kabut asap yang melanda wilayahnya.
 
“Kabut asap kian hari makin bertambah, mengganggu pandangan kita,” ujarnya.
 
Sebelumnya, Kepala Pelaksanaan BPBD Aceh Timur, Syahrizal Fauzi, Rabu 20 September 2019 mengatakan, belum mengetahui pasti sumber asap yang menyelimuti kawasan Aceh Timur.
 
Winda R Prakirawan BMKG Aceh mengatakan, dari pantauan satelit tidak ada titik api yang berada di Aceh. Namun, kabut asap itu dipastikan berasal dari provinsi lain di Pulau Sumatera yang sedang terjadi kebakaran hutan dan lahan.
 
Penulis : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com