16 Oktober 2019 | Dilihat: 533 Kali
Kadis PK Aceh Singkil Buka Pelatihan Dapodik Operator Sekolah
noeh21
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Yusfit Helmi, saat membuka pelatihan bagi tenaga operator penggelola Dapodik, digedung Kesenian, Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai upaya validasi data kelembaganaan untuk Output layanan data dan informasi pada satuan pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil menggelar pelatihan Bagi Tenaga Operator Penggelola Dapodik, dimasing-masing sekolah setempat, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Kegiatan dipelatihan yang dipusatkan, digedung kesenian, Singkil, diikuti ratusan operator sekolah dihadiri Sekretaris Dinas Pendididikan dan Kebudayaan, Khalilullah, para Kabid, serta undangan lainnya, dibuka oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, H.Yusfit Helmi.
 
Dalam kesempatan itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, H.Yusfit Helmi mengatakan, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan sebuah rancangan yang dibuat oleh operator masing-masing sekolah dengan terencana, terukur, serta dapat dipertanggung jawabkan.
 
Namun, data tersebut tidak boleh dianggap remeh, karena kebutuhan terhadap data merupakan hal mutlak bagi setiap lembaga terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
 
"Sedikit saja operator salah mengentri, maka Dapodik Aceh Singkil akan salah secara nasional yang terkumpul di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI," ujarnya.
 
Dengan begitu, penyusunan data itu tidak terlepas dari oknum manusianya dan perlu diawali dari niat yang baik. "Sehingga Dapodik yang terentri betul-betul terencana, valid, dan akuntabel, serta dapat dipertanggung jawabkan," ungkap Yusfit.
 
"Diharapkan, dengan pelatihan ini operator sekolah dapat meningkatkan kapasitas kemampuannya dalam pemanfaatan dan seletif mengentri data Dapodik," harapnya.
 
Sebelumnya, Kabid GTK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Ranto,SE, menyampaikan, dalam kegiatan pelatihan operator pengelola Dapodik tersebut diikuti sebanyak 146 orang operator dari 146 sekolah tingkat SD dan SMP, dalam daerah setempat.
 
Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com