18 Januari 2024 | Dilihat: 81 Kali
Kakanwil Kemenkumham Aceh Teken Kerja Sama dan Resmikan Dapur Sehat di Lapas Perempuan Sigli
noeh21
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh, Meurah Budiman meresmikan dapur sehat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Sigli, Rabu 17 Januari 2024. Foto. Humas Kemenkumham Aceh
 

IJN - Sigli | Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh, Meurah Budiman meresmikan dapur sehat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Sigli, Rabu 17 Januari 2024. 

“Dapur sehat Lapas Perempuan Kelas IIB Sigli ini merupakan dapur yang telah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan sehingga menjadi dapur percontohan bagi seluruh Lapas atau Rutan yang ada di Aceh,”kata Kakanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman.

Pada kesempatan yang sama, Meurah Budiman juga menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Lapas Perempuan Sigli dan instansi terkait dan UMKM di Kabupaten Pidie.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, Kepala LPP Sigli Endang Margiati, unsur Forkopimda serta sejumlah Kepala SKPK di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pidie.

Dapur sehat ini, menurut Meurah akan menjawab stigma negatif dari masyarakat bahwa dapur yang ada di dalam Lapas jauh dari kata bersih. 

Bahkan, ada yang beranggapan makanan yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) jauh dari kata layak. 

“Karena tidak ada perlakukan diskriminatif dan tak manusiawi, semua warga binaan tetap kita penuhi hak hidupnya sebagai manusia,” terangnya.

Tak hanya itu, ia juga menyampakan di Lapas Perempuan Sigli warga binaan mendapatkan sejumlah kegiatan dan keterampilan sesuai dengan keahlian dimiliki. “Sehingga diberikan kesempatan di Lapas ini untuk menciptakan keahlian bisa menjadi modal usaha jika telah keluar ke Masyarakat,” ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham Aceh juga memberikan penghargaan kepada lembaga dan instansi terkait di Pidie. Diantaranya penghargaan kepada Ketua TP PKK Pidie Ny Suaidah Sulaiman, Ketua Bhayangkari Pidie Ny Imam Asfali.



Penulis: Hendria Irawan
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com