07 Juni 2022 | Dilihat: 163 Kali
Kanwil Meurah Budiman Himbau Ini Kepada Seluruh Notaris di Aceh
noeh21
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman pada saat Pelantikan Notaris Pengganti
 

IJN - Banda Aceh | Berdasarkan data, jumlah notaris di seluruh Aceh sebanyak 206 notaris. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman menghimbau kepada seluruh notaris tersebut untuk berhati-hati dalam pembuatan akta dan produk notaris yang lainnya.

“Agar pembuatan itu benar-benar berpedoman pada prosedur yang ditentukan peraturan perundang-undangan,” ungkap Meurah Budiman, Senin  6 Juni 2022.

Meurah Budiman menyampaikan hal tersebut pada Pelantikan Notaris Pengganti. Adapun notaris pengganti yang dilantik adalah Asrul Sani Harahap. Kegiatan ini dihadiri oleh Kadiv Keimigrasian Filianto Akbar dan sejumlah pejabat struktural lainnya.

Lebih lanjut, Meurah Budiman menekankan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan harus dimaknai sebagai keteguhan hati dalam melaksanakan jabatan. Sebab, notaris dituntut untuk meneliti secara seksama data, dokumen/surat yang digunakan sebagai persyaratan atau data penerbitan suatu akta/produk notaris lainnya. “Hal ini juga berlaku untuk notaris pengganti karena sama tanggung jawabnya dengan notaris,” Tegas Meurah juga putra asli Nagan Raya ini.

Terakhir, Meurah Budiman juga berharap kepada notaris pengganti menjalankan kewajiban agar berkerja dengan amanah dan profesional. Ia pun meminta untuk terus menggali ilmu pengetahuan yang tidak terbatas pada ilmu hukum, tetapi juga disiplin ilmu lainnya yang bermanfaat bagi jabatan notaris dalam menunjang kelancaran dan mewujudkan profesionalisme pelaksanaan tugas jabatan.

“Jalankan tugas dengan baik, karena sebagai notaris pengganti tugasnya tetap sama, bertanggung jawab, tetap patuhi peraturan, memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,”tutup Meurah Budiman.

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com