12 Februari 2020 | Dilihat: 520 Kali
Kapal Cepat Aceh Singkil Belum Berfungsi
noeh21
Kapal Cepat, KM.Tailana, Aceh Singkil, yang dibeli tahun lalu menggunakan dana Otsus belum berfungsi berlayar.
 

IJN - Aceh Singkil | Kapal cepat KM Tailana, milik Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil di bawah tanggung jawab Dinas Perhubungan, sejak dibeli tahun lalu hingga kini belum berfungsi berlayar.
 
"Pengadaan Kapal Motor (KM) Tailana, tahun lalu menggunakan dana Otsus 2019 sebesar 4,5 Milyar itu saat ini berlabuh ditambatkan di kawasan Pulau Banyak," kata Kadis Perhubungan Aceh Singkil, Malim Dewa, Kepada IJN, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Malim mengakui, hingga saat ini Kapal cepat yang dibeli dengan menghabiskan anggaran milyaran rupiah itu belum beroperasi berfungsi berlayar.
 
Karena, sebelum kapal tersebut dioperasikan terlebih dahulu harus ada proses penghitungan aset dari pihak Dirjen kekayaan Negara yang rencananya dalam waktu dekat ini akan datang untuk melakukan penghitungan aset kapal cepat Aceh Singkil.

Begitu juga, ada beberapa perlengkapan kapal yang harus dilengkapi seperti, Radar Kapal, Sekoci kapal dan pelampung penumpang serta izin perlayaran.
 
"Namun meski belum berlayar, pihak kita harus menggeluarkan BBM operasional kapal sedikitnya satu drum selama seminggu. Untuk memanaskan mesin dan menghidupkan lampu-lampu kapal," ungkapnya.
 
Maka dari itu, saat ini pihak Pemkab Aceh Singkil sedang melengkapi semua kekurangan perlengkapan kapal yang belum ada. 
 
"Meski dalam RAB pengadaan kapal, untuk radar, sikoci dan pelampung nya ada. Tapi belum lengkap," ujarnya 
 
"Apabila sudah mulai beroperasi nanti rencananya untuk pengelolaan Kapal Cepat KM.Tailana akan dipihak ketigakan dengan sementara menggunakan pelabuhan Singkil dan Pulau Banyak yang ada saat ini sebagai tempat sandaran turun naik penumpang," terangnya.
 
Informasinya, bila transportasi antar pulau KM Tailana yang akan melayani pelayaran Singkil-Pulau Banyak-Pulau Banyak Barat dan sebaliknya itu akan menempuh waktu hanya sekira 1,5 jam yang biasanya bila menggunakan Kapal Feri untuk sampai ke daerah permukiman Kepulauan Banyak dari Ibukota Aceh Singkil memakan waktu sekira 4 jam perjalanan.
 
Penulis : Erwan
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com