29 Agustus 2019 | Dilihat: 239 Kali
Kartu Nikah, Hati-Hati Pemalsuan dan Permudah Pelayanan Nikah
noeh21
Pihak Kemenag Aceh Singkil melakukan launching kartu nikah di KUA, Kecamatan Kuta Baharu.
 

IJN - Aceh Singkil | Dalam upaya mengantisipasi maraknya pemalsuan buku nikah dan mempermudah pelayanan administrasi masyarakat yang hendak melakukan pernikahan, Kantor Kementrian Agama, Kabupaten Aceh Singkil, meluncurkan kartu nikah perdana terhadap pasangan pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA), Kecamatan Kuta Baharu, daerah setempat, Rabu 28 Agustus 2019.
 
Dalam launching perdana tersebut, Kakankemenag Aceh Singkil, Salihin mengatakan, luncuran aplikasi kartu nikah itu di rancang untuk mempermudah pengelolaan administrasi nikah - rujuk pada KUA dengan validitas data yang terintegrasi dengan data dinas kependudukan dan catatan sipil dan mencegah terjadinya pemalsuan buku nikah.
 
Karena dalam kartu nikah tersebut dapat diakses data informasi pernikahan bersangkutan melalui aplikasi sistem informasi manajemen nikah berbasis website (SIMKAH WEB).
 
Dikatakan, data informasi bersangkutan yang dapat diakses melalui aplikasi tersebut diantaranya, nama, nomor akta, nomor perforasi buku nikah, tempat dan tanggal nikah pasangan.
 
"Selain untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, , program Kartu nikah itu merupakan bentuk inovasi yang diberikan oleh Kementerian Agama. Sehingga administrasinya lebih efektif dan efisien," jelasnya.
 
Begitu juga, Kasi Bimas Islam, Kemenag Aceh Singkil, Hendra Sudirman mengatakan, selain buku nikah, bagi pasangan pengantin juga diberikan kartu nikah, "Dengan diberi kode QR yang dapat dibaca menggunakan scanner tersambung dengan aplikasi SIMKAH," ungkapnya.
 
Sementara Camat Kuta Baharu, Aceh Singkil, Ahmad, S.H, sangat mengapresiasi pelaunchingan kartu nikah tersebut. 
 
"Saya sangat bangga sekaligus mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Bimas Islam Kankemenag Aceh Singkil atas dilaksanakannya launching kartu nikah di Kecamatannya," ujar Ahmad
 
Dalam acara Lounching (peluncuran) kartu nikah tersebut turut dihadiri, Kasi Bimas Islam Hendra Sudirman, S.Sos.I, Unsur Muspika Kecamatan Kuta Baharu, para kepala KUA dan tokoh masyarakat setempat serta undangan lainnya.
 
Penulis : Erwan
Editor    : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com