29 Mei 2019 | Dilihat: 1303 Kali
Kasasi Ditolak, Himalaya Desak Walikota Subulussalam Pecat Geuchik Jambi Baru
noeh21
Pengurus Himalaya bidang Koordinator Aksi, Jaimansyah
 

IJN - Subulussalam | Himpunan Mahasiswa Lae Souraya (Himalaya) mendesak Walikota Subulussalam untuk segera memecat Saptudin Kombih dari jabatan Geuchik Jambi Baru, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Hal itu disampaikan, Pengurus Himalaya bidang Koordinator Aksi, Jaimansyah kepada IJN, Selasa 28 Mei 2019. Menurut Jaimansyah kasus Saptudin Kombih yang menggunakan ijazah palsu pada saat pencalonan Geuchik sudah di vonis bersalah dan berkekuatan hukum tetap setelah kasasi yang diajukan ditolak oleh Mahkamah Agung. 

"Sudah hampir satu tahun sejak diputuskan bersalah oleh Pengadilan Negeri Singkil pada tahun 2018 lalu terhadap kasus pemalsuan ijazah saat mencalonkan diri sebagai Geuchik Jambi Baru, namun hingga saat ini Saptudin Kombih belum juga diberhentikan dari jabatan Geuchik Jambi Baru, " kata Jaimansyah.

Menurutnya, dalam Putusan Pengadilan Singkil Nomor 5/Pid.B/2018/ PN skl, sudah dengan jelas menyatakan bahwa terdakwa Saptudin Kombih terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana mengunakan Ijazah yg terbukti palsu dengan pidana penjara 4 bulan. Pada tanggal 25 Mei 2019 lalu kasasi yang diajukan oleh Jaksa penuntut Umum dan terdakwa juga di tolak oleh Mahkamah Agung sehingga Putusan Pengadilan Tinggi Aceh No 183/Pid/2018/ PT.Bna  yang isinya menguatkan Putusan Pengadilan  Negeri Singkil sudah bisa dilakukan eksekusi.

"Ini aneh kok pejabat yang sudah di vonis bersalah tapi tak diberhentikan. Negara kita ini negara hukum, " kata Jaimansyah.
  
Anehnya lagi, kata Jaimansyah, pada tanggal 19 Maret 2018 lalu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh sudah mengirimkan surat kepada pemerintah Kota Subulussalam perihal pemberhentian Geuchik Jambi Baru tetapi Walikota Subulussalam yang pada waktu itu dijabat Merah Sakti tidak mengindahkan surat DPMG Aceh.

"Maka dari itu kami dari Himalaya dengan tegas meminta kepada Walikota Subulussalam yang baru Bapak H. Affan Alfian Bintang untuk segera memberhentikan Geuchik Jambi Baru Saptudin Kombih, " pinta Jaimansyah.

Jaimansyah juga mengancam jika dalam waktu dekat Walikota Subulussalam tidak memberhentikan Geuchik Jambi Baru, maka Himalaya akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Walikota Subulussalam dalam waktu dekat ini.

Penulis : AB
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com