18 September 2020 | Dilihat: 273 Kali
Kasus Corona di Subulussalam Terus Meningkat, Hari Ini Tercatat 30 Orang Positif
noeh21
 

IJN - Subulussalam | Virus corona masih terus menyebar di Kota Subulussalam. Hari ini tercatat pasien yang dinyatakan positif mencapai 30 orang.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Subulussalam, Baginda melalui Press release yang diterima wartawan, Jumat 18 September 2020.

Terakhir, sesuai hasil pemeriksaan swab terhadap 14 sampel dari Dinas Kesehatan Kota Subulussalam yg dilakukan pada tanggal 12 September lalu, satu diantaranya dinyatakan positif. Pasien yang positif tersebut berinisial EW umur 48 tahun asal Kecamatan Simpang Kiri.

EW memiliki riwayat penyakit gemetar-gemetar  dengan suhu tubuh tinggi, mual, nyeri ulu hati, batuk dengan sedikit berdahak dan lemas. EW sempat di bawa ke RSUD setempat yang sebelumnya pernah berobat di salah satu klinik.

Pasien berada di RSUD sejak tanggal 10 dan tanggal 13 pasien pulang ke rumah. Namun, saat berada di RSUD pasien sempat diambil sampel untuk dikirim ke Banda Aceh. Satu hari paska pulang dari RSUD, hasil swab keluar dan dinyatakan positif Covid-19.

" Mengetahui EW positif, tim gugus mendatangi ke rumah nya untuk memberikan edukasi dan pemahaman untuk dilakukan isolasi dan perawatan di Puskesmas Jontor tempat isolasi. Terhadap suami EW juga di swab dan hasilnya negatif " kata Baginda.

Selain EW, ada tiga orang lagi dinyatakan positif yang bekerja di Dinas Kesehatan.

Dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Kota Subulussalam, Pemerintah setempat menghimbau agar semua pihak lebih waspada bahwa penularan Covid-19 kini sudah banyak " jangan menganggap hal ini biasa saja apalagi sepele, namun perlu menjadi kesadaran dan tanggungjawab kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 " ungkap Baginda.

Sebagai upaya mengurangi penambahan kasus Covid-19 di Aceh, Gubernur Aceh telah mengeluarkan kebijakan dengan menerbitkan Peraturan Gubernur nomor 51 tahun 2020 tentang peningkatan penangangan Corona Virus Disease 2019, dengan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan

" Didalam Pergub tersebut dijelaskan ada beberapa sanksi bagi orang yang melanggar protokol kesehatan baik untuk perorangan, pelaku usaha, penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum. Maka dari itu pemerintah mengajak semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan " tambah Baginda.

Penulis : AB
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com