09 Juni 2022 | Dilihat: 227 Kali
Kemenkumham Aceh Kerahkan Tim Pencari Lima Andikpas yang Kabur
noeh21
Keterangan : Kakanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman meninjau lokasi pelarian.
 

IJN - Banda Aceh | Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh terus berupaya untuk mencari anak didik pemasyarakatan (Andikpas) LPKA Banda Aceh yang kabur dengan mengerahkan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal).
 
Terkait pencarian lima orang Andikpas, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman menghimbau masyarakat sekitar agar tidak main hakim sendiri.
 
Pasalnya, Meurah Budiman menilai potensi tersebut sangat memungkinkan mengingat tindakan mereka sebelumnya yang sangat meresahkan masyarakat.
 
“Potensi penganiayaan sangat besar, mereka ini sudah meresahkan. Jadi saya menghimbau masyarakat jangan main hakim sendiri," ungkap Meurah Budiman, Kamis, 9 Juni 2022.
 
Meurah menyebut, proses pencarian masih terus dilakukan. Bahkan, seluruh petugas LPKA telah gencar menyisir dan melakukan pencarian di wilayah Banda Aceh - Aceh Besar. 
 
Bahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepolisian hingga masyarakat sekitar. "Kita terus berupaya. Sudah kita kerahkan Satgas Satops Patnal dari Divisi dan UPT Banda Aceh - Aceh Besar untuk menyisir sungai dan hutan titik terlihatnya Andikpas tersebut," ujarnya.
 
Selain itu, Meurah Budiman juga meninjau lokasi pelarian, ia juga meminta Kepala LPKA Banda Aceh Wiwid Feryanto untuk mengantisipasi dan memperbaiki sarana prasarana yang rusak serta berisiko untuk menjadi celah bagi Andikpas untuk melarikan diri. 
 
“Segera perbaiki kerusakan yang diakibatkan pelarian oknum anak-anak ini,” ucapnya.
 
Meurah Budiman juga memberikan bimbingan kepada seluruh Andikpas LPKA Banda Aceh. Ia menyampaikan agar proses pembinaan dijalani dengan ikhlas dan disiplin.
 
Menurutnya, LPKA adalah tempat yang tepat untuk membimbing dan membekali anak didik pemasyarakatan agar dapat diterima kembali di masyarakat.
 
“Pembinaan di LPKA dilakukan dengan tujuan untuk merubah karakter Andikpas agar menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan. Diluar sana lebih berisiko, lebih baik kalian di dalam sini saja, sabar, jalani konsekuensi, tingkatkan ilmu dan agama,"Tutup Kakanwil. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com