29 Oktober 2022 | Dilihat: 183 Kali
Kenakan Baju Adat, Rutan Tapaktuan Peringati Upacara Sumpah Pemuda
noeh21
Upacara sumpah pemuda di lapangan Rutan Tapaktuan. Foto IST
 

IJN - Tapaktuan | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tapaktuan melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022
 
Upacara tersebut dilaksanakan di lapangan Rutan dengan diikuti seluruh pegawai dan beberapa pemuda dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat 28 Oktober 2022.
 
Pelaksanaan upacara tampak berbeda dari tahun sebelumnya, karena hampir seluruh peserta dan petugas upacara mengenakan pakaian adat tradisional.
 
Bertindak sebagai inspektur upacara, kepala Rutan Kelas IIB Tapaktuan, Sofyan membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa".
 
Karutan Tapaktuan, Sofyan menyampaikan perlunya kebijaksanaan dalam menyikapi segala perbedaan dalam kehidupan agar konflik-konflik yang dapat memecahbelah persatuan bangsa dapat dihindari, serta merefleksikan diri agar kemajemukan yang terdapat pada bangsa Indonesia menjadi sebuah kekuatan besar yang dapat menjadi pondasi kuat dalam membangun bangsa, bukan sebuah bencana yang dapat menghancurkan bangsa Indonesia. 
 
“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagi kita bagaimana menyikapi sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta bagaimana kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,"kata Karutan Sofyan.
 
Selain itu, Kepala Rutan juga berpesan agar peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi suatu upaya untuk meningkatkan semangat kebersamaan dalam membangun bangsa. 
 
“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini sebagai upaya meningkatkan semangat kita bersama dalam membangun bangsa,"pungkasnya. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com