27 Januari 2020 | Dilihat: 61 Kali
Kesadaran Masyarakat akan Kebersihan Masih Rendah, DLH Aceh Timur Terus Berupaya Bersihkan Sampah
noeh21
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Timur membersihkan tumpukan sampah, Senin (27/1/2020).
 

IJN - Aceh Timur | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Timur terus berupaya membersihkan sampah yang bukan pada tempatnya. Hal ini membuat pihaknya memprihatinkan, Senin, 27 Januari 2020.

Pasalnya, banyaknya masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan, walaupun sudah di peringati baik secara lisan maupun tulisan. Dan papan pengumuman larangan buang sampah pun raib entah kemana.
  
"Rendahnya kesadaran masyarakat akan kebersihan yang berdampak pada lingkungan sekitar dan kesehatan. DLH Aceh Timur harus kerja ekstra demi kebersihan khususnya Kota Idi," ujar Sekertaris DLH Muhammad Yunus saat di jumpai di Taman Kota Idi Rayeuk.

Yunus menambahkan, bisa disaksikan bersama tumpukan sampah yang bukan pada tempatnya ini jadi keprihatinan kita semua, dan masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan.

"Walaupun sudah kita peringati baik secara lisan maupun tulisan, dan mirisnya papan pengumuman larangan buang sampah pun raib entah kemana," terang Yunus.

Lanjutnya, secara reguler saja ada sekitar 200 ton sampah yang harus ditanggulangi, dan itu belum termasuk keberadaan sampah liar yang dibuang oleh oknum masyarakat di sembarangan tempat.

"Tapi Kita tidak bisa membantah, ini sudah jadi kebiasaan sehari-hari masyarakat. Sisi lain ada masyarakat yang mempersoalkan keberadaan sampah, padahal kita sudah bekerja ekstra tapi tetap saja belum semua peduli akan kebersihan lingkungan," ungkap Yunus.

Menurutnya, sampah merupakan persoalan yang sangat kompleks, dan harus ditangani secara bersama-sama antara pemerintah daerah dengan kesadaran masyarakat itu sendiri.

"Pasukan kami sangatlah terbatas, kami siap bersinergi dengan masyarakat asalkan ada kesadaran dari masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, terutatama saling mengingatkan untuk membuang sampah pada tempatnya demi terciptanya lingkungan yang asri," harap Yunus.

Penulis : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com