09 Agustus 2022 | Dilihat: 186 Kali
Ketua Mahkamah Syariyah Jantho Lantik Tiga Pejabat Kepaniteraan
noeh21
Ketua Mahkamah Syariyah Jantho Siti Salwa. SH.I., M.H resmi melantik tiga pejabat kepaniteraan yang digelar di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syariyah Jantho, Selasa 9 Agustus 2022
 

IJN - Jantho | Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho Siti Salwa. SH.I., M.H resmi melantik tiga pejabat kepaniteraan yang digelar di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar’iyah Jantho, Selasa 9 Agustus 2022.
 
Adapun tiga pejabat dilantik yakni, Izwar Ibrahim LC. LL.M sebagai panitera Muda Hukum, Mahdalena sebagai Panitera Muda Jinayah, dan Abdul Hadi S.H sebagai panitera Pengganti.
 
Dalam pelantikan itu, turut hadir Wakil Ketua, seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Pegawai serta tenaga PPNPN Mahkamah Syar’iyah Jantho dan rombongan pengantar dari Mahkamah Syar’iyah Klas I B Sigli. 
 
Untuk diketahui, Izwar Ibrahim LC, LLM sebelum dilantik sebagai Panitera Muda Hukum Mahkamah Syar’iyah Jantho, sebelumnya menjabat sebgai Panitera Muda Permohonan Mahkamah Syar’iyah Klas I B Sigli.
 
Mahdalena sebelumnya menjabat Panitera Muda Hukum Mahkamah Syar’iyah Jantho serta Abdul Hadi sebagai Panitera Muda Hukum Mahkamah Syar’iyah Kutacane. 
 
Dalam struktur kepaniteraan dalam ruang lingkup pengadilan agama/mahkamah syar’iyah Jabatan Panitera Muda Jinayat hanya terdapat pada Mahkamah Syar’iyah di wilayah Hukum Provinsi Aceh, sedangkan pada Pengadilan Agama diluar wilayah Aceh, hanya terbatas pada Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan, dan Panitera Muda Hukum. 
 
Tugas pokok dan fungsi panitera muda hukum adalah Merencanakan dan melaksanakan urusan kepaniteraan hukum, mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data, menyajikan statistik perkara, menyimpan arsip berkas perkara yang masih berlaku, melakukan administrasi pembinaan hukum agama sedangkan Peran Panitera Muda Jinayat sangat sentral dimana bertugas dan bertanggung jawab penuh dalam proses perkara Jinayat. 
 
Sebagaimana diketahui, Kewenangan Mahkamah Syar’iyah dalam mengadili Perkara Jinayat hanya terdapat di wilayah Aceh sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh. 
 
Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Siti Salwa, S.H.I.,M.H mengingatkan bahwa pelantikan ini dalam rangka tour of duty, bentuk penyegaran organisasi dan mengisi kekosongan jabatan.
 
"Kepada pegawai yang dilantik, jabatan dan tugas yang dibebankan kepada kita adalah bentuk amanah yang dipercayakan oleh Allah SWT. sehingga selain kita bertanggung jawab kepada Korps dan Masyarakat, kita juga bertanggung jawab langsung kepada Allah SWT,"kata Siti Salwa Ketua Mahkamah Syariyah Jantho 
 
Ia juga menghimbau agar tetap maksimal dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dan senantiasa mengingat sumpah yang telah diucapkan sebagai bentuk muhasabah dan motivasi diri menjadi lebih baik. (Red)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com