11 April 2019 | Dilihat: 140 Kali
KIP Asel Adakan Simulasikan Pencoblosan
noeh21
KIP Aceh Selatan simulasi pemilu 2019. Foto Asrul
 

IJN - Aceh Selatan | Komisi Independen pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan mengadakan Simulasi dan sosialisasi tentang tata cara pencoblosan pada hari pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

Simulasi tersebut berlangsung di alun alun kota Naga Tapaktuan yang di hadiri seluruh PPK tiap kecamatan dan untuk peserta simulasi dikususkan untuk TPS 1 Lhok Ketapang, Kamis 11 April 2019

Anggota Komisioner KIP Bidang Devisi Teknis pemilu Yusrizal mengatakan, pihaknya membuat simulasi miniatur apa yang terjadi hari ini itu adalah ril kejadian disaat pelaksanaan pencoblosan nanti. 

"Nantinya kita membuka pancoblosan pada pukul 07.00, WIB  dan tutup pada jam 01.00 WIB, "katanya.

Kemudian untuk perhitungan sendiri, pihaknya lakukan sampai dengan selesai apa bila tadi sekitar 1 pemilih yang terdaftar sudah habis melakukan pencoblosan, maka kotak suara akan dibuka dan dilanjutkan perhitungan suara.

"Dalam hitungnya juga kita simulasikan betul-betul selesai sampai salinan, begitu kita sampai salinan kita berikan kepada saksi dan panwas maka selesailah proses didalam TPS, Barulah nanti KPPS memberikan tong suara kepada PPK, " ujar Yusrizal.

menurutnya, tujuan simulasi ini agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara pencoblosan serta bagaimana suara mereka nantinya dinyatakan sah, serta untuk mensosialisasi agar masyarakat tidak apatis dan tidak gulpot.

Penulis : Asrul
Editor : Mhd Fahmi

Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com