01 Mei 2019 | Dilihat: 201 Kali
KIP Sabang Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kota
noeh21
 

IJN - Sabang | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara  Pemilu serentak tahun 2019 tingkat Kota Sabang, Rabu 1 Mei 2019. 

Rapat pleno yang berlangsung di Aula Kantor KIP tersebut berlangsung tertib dimulai sekitar pukul 10.00 WIB diawali pembacaan tata tertib oleh ketua KIP Sabang Azman dihadapan para saksi dari Parpol, Panwaslu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan pihak-pihak terkait lainnya.

Proses Rekapitulasi itu sempat berlangsung alot dan mendapat interupsi dari para saksi-saksi partai politik yang dilakukan secara tertib atas penyampaian tanggapan mereka. 

Ketua Komisioner KIP Sabang Azman mengatakan, sesuai dengan jadwal yang diumumkan dan undangan kepada para saksi, baik dari Paslon, DPD, dan seluruh partai politik, bahwa hari ini adalah tanggal 1 Mei 2019 adalah jadwal rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat kabupaten/kota. 

Rekapitulasi berlangsung mulai sekitar pukul 10.00 Wib, dan hingga siang hari tadi pukul 12.15 Wib baru menyelesaikan rekapitulasi untuk pemilihan presiden, DPR RI, DPD dan DPRA, untuk Dapil 1 Kecamatan Sukakarya.

Lebihlanjut dikatakan Azman, rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten/kota prosesnya masih berlangsung, sehingga pihaknya belum bisa memberikan dan mengumumkan hasilnya. 

Rekapitulasi tingkat Kota Sabang ini  diharapkan dapat diselesaikan pada hari ini, ujarnya. 
Untuk hasil perolehan suara setelah selesai dilakukan rekapitulasi dan ditanda tangani seluruh saksi akan kita sampaikan secara detil, baik untuk Paslon, maupun legislatif. 

Menurutnya, sejauh ini proses rekapitulasi berjalan tertib dan lancar sekalipun memang ada beberapa sanggahan, dan keberatan dari saksi-saksi, dan itu merupakan proses normal kerena memang dalam proses rekapitulasi ini dibenarkan ketika ada saksi dari parpol menyampaikan keberatan dan sanggahan.

Penulis : Windi
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com