22 Januari 2022 | Dilihat: 754 Kali
Konfercab HMI Banda Aceh Versi Zuhal Cacat Hukum
noeh21
Keterangan foto : ketua Panitia Konfercab HMI Cabang Banda Aceh Yora septiawan. Ist
 

IJN - Banda Aceh | Pasca terpilihnya Zuhal Riski Maulana Fauzi sebagai formateur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Banda Aceh dinilai cacat hukum dan inskontitusional. 
 
Pasalnya, Konfercab pada November 2021 lalu tersebut sempat diskorsing dan kembali dilanjutkan pada 20 Januari 2022, kemudian forum di skor kembali oleh pimpinan sidang dengan waktu yang tidak ditentukan. 
 
Namun, lanjutan Konfercab kembali gelar pada Sabtu 22 Januari 2022, pukul 07.53 WIB tanpa sepengetahuan Steering Comitee, pengurus cabang, panitia serta undangan terhadap komisariat lainnya.

Baca juga : Remaja di Nagan Raya Disekap dan Diperkosa 14 Pemuda Bergiliran, 9 Pelaku Ditangkap
 
Bahkan, pelaksanaan lanjutan konfercab juga dilaksanakan tanpa pimpinan sidang sah, Sidang Pleno II (Laporan Pertanggung jawaban Pengurus HMI Cabang Banda Aceh Priode 2019-2020) serta sidang Pleno III (sidang komisi internal dan eksternal).
 
"Bisa disimpulkan prosedur terpilihnya saudara Zuhal Riski Maulana Fauzi cacat secara konstitusi dan menyalahi anggaran rumah tangga Himpunan Mahasiswa Islam,"kata ketua Panitia Konfercab HMI Cabang Banda Aceh Yora septiawan dalam rilisnya diterima IndoJayaNews.com, Sabtu 22 Januari 2022.
  
Dia juga menjelaskan, forum yang dilaksanakan sepihak tersebut juga terjadi pergantian presedium tanpa terlampir pada ketetapan tata tertib sidang (Tatib). 
 
"Forum Konfercab yang telah dilaksanakan tersebut tidak sah dan cacat secara hukum, termasuk juga Formateur yang terpilih,"jelasnya.

Baca juga : Santri yang Diperkosa Pimpinan Ponpes di Agara di Bawah Umur
 
Dalam lanjutan konfercab tersebut, lanjut kata Yora, forum dilaksanakan tanpa kelengkapan atribut konfercab dari panitia, bahkan spanduk yang terpampang dalam forum konfercab tersebut bukan spanduk dari konfercab, melainkan spanduk dari acara Maulid Nabi yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Banda Aceh beberapa waktu lalu. 
 
"Maka oleh karena itu, sangat jelas terlihat bahwa lanjutan forum yang dimulai kembali setelah di skors pada 20 Januari 2022 lalu itu merupakan forum konfercab ilegal dan tidak sah secara hukum,"ucap Yora tegas.
 
Selain itu, dia juga kembali menegaskan, terkait beredarnya pemberitaan di media online yang mengatakan bahwa Konfercab sudah terlaksana dan terpilihnya Zuhal Riski Maulana sebagai Formatur HMI Cabang Banda Aceh, itu tidak benar atau hoaks.
  
"Jadi ketua panitia tidak mengetahui bahwasannya berlanjutnya konfercab HMI Cabang Banda Aceh di Kantor HMI Cabang Banda Aceh, jadi saya harap kepada semua kalangan terkhusus media jangan asal terbitkan berita, konfirmasi terlebih dahulu kepada pengurus cabang yang sah,"imbau dia.
 

 
Penulis : Hendria Irawan
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com