29 Agustus 2018 | Dilihat: 255 Kali
Laka Maut, Seorang Pelajar Singkil Meninggal di Tempat
noeh21
Pihak Kepolisian Polres Aceh Singkil, Saat Mengamankan TKP dan Kendaraan serta Korban. (foto; Ijn)
 

IJN | Aceh Singkil – Seorang pelajar SMA Negeri 1 Singkil,  Warga Kampong Pulo Sarok, Sayed Sidikki (15), meninggal dunia dalam kecelakaan maut yang terjadi dijalan lintas Singkil-Subulusalam, Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil, Selasa, 28/08/2018, malam, sekitar pukul 21.10 Wib.


Kapolres Aceh Singkil AKBP Andrianto Argamuda melalui Kasat Lantas, AKP Syukrif mengatakan, akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi dijalan lintas Singkil-Subulussalam itu,  seorang korban yang menumpangi sepeda motor jenis Yamaha Jupiter MX BL 6580 RB Warna Biru Hitam menggalami patah tangan kiri, Leher, Luka Robek dibagian wajah, dan meninggal dunia diTKP.


Sementara itu, temannya yang mengendarai sepeda motor, Andika (17), warga Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah, menggalami  luka lecet dilutut Kiri, jempol Kaki Kiri, Kelingking tangan Kiri dan kepala sebelah Kanan, dan langsung dibawa ke RSUD Aceh Singkil untuk mendapat pertolongan.


Sedangkan korban yang meninggal dunia dibawa ke rumah duka, di Kampong Pulo Sarok, untuk disemayamkan menggunakan Ambulance Puskesmas Singkil, ujar AKP.Syukrif.


Kasat Lantas mengatakan, kronologis kejadian itu berawal saat  sepeda motor jenis Yamaha Jupiter MX BL 6580 RB datang dari arah Singkil menuju Subulusalam dengan Kecepatan Tinggi. Setiba dilokasi kejadian, kenderaan yang dikendarai Andika dengan membonceng Sayed Sidiki melebar kekanan jalan arah Subulussalam.


Diduga di TKP, kenderaan tersebut tersenggol dengan sebuah Sepeda motor yang datang dari arah Berlawanan (Subulusalam menuju Singkil).


Sehingga mengakibatkan pengendara dan korban yang dibonceng terjatuh dipinggir Jalan jalur Kanan arah Subulusalam, jelas AKP Syukrif.


Selanjutnya, untuk penyelidikan lebih lanjut, pihak Kepolisian mengamankan dan menyusuri jalan sepanjang TKP, serta mengatur Lalu Lintas lokasi.


Dari pantauan IJN dirumah duka, Rabu, 29/08/2018, pihak keluarga langsung melaksanakan proses pemakaman korban yang meninggal dunia, Sayed Sidiki, di TPU, Kampong Ujung, Singkil.


Disamping itu, Kasat Lantas Polres Aceh Singkil, menghimbau, bagi para pengguna jalan, baik pejalan kaki, pengendara sepeda motor, dan mobil, agar Mematuhi Peraturan Berlalu lintas saat mengendarai kenderaan.


"Saat berkenderaan sepeda motor, diminta menggunakan Helm SNI depan dan Belakang dan Sabuk Pengaman bagi yang mengedarai mobil", ucap Kasat Lantas.


Dalam berkendaraan pengedara/pengemudi tidak melampaui Batas Kecepatan,  ugal-ugalan, srobat srobot dijalan, dan mengutamakan keselamatan, serta saling menghormati sesama pengguna jalan, ujar Syukrif.


Begitu juga apabila masyarakat mendapati langsung kejadian Laka diminta agar segera melaporkan Kejadian ke Kantor Polisi Terdekat dan jangan ada yang merusak TKP.  Apabila ada Korban yang Tergeletak dapat segera dibantu untuk upaya medis ke RSUD/Puskesmas terdekat. Dengan memberi tanda (pola) Bentuk posisi Korban dan posisi kendaraannya terakhir menggunakan Batu/bahan lain cara menggambar pola sebelum korban dan kendaraan yang terlibat laka di pindahkan/diangkat. 


Selain itu, Kasat Lantas juga berharap kepada masyarakat yang punya foto korban laka lantas agar tidak membagi bagikan foto korban ke medsos atau ke kawan kawannya, karena foto Korban merupakan suatu hal yang privasi bagi keluarga Korban, harap Syukrif.

"Ingat !!! Jangan menunggu anda menjadi Korban, Kecelakaan Tidak bisa diajak Kompromi", tutup AKP.Syukrif. (Erwan) 


 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com