17 September 2019 | Dilihat: 112 Kali
Lantik 134 Geuchik, Mawardi Ali Singgung Masalah Sampah di Aceh Besar
noeh21
Pelantikan 134 geuchik Aceh Besar.
 

IJN - Aceh Besar | Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali melantik 134 geuchik (kepala desa) dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh yang terpilih dalam pemilihan geuchik serentak tahun 2019.

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap 134 geuchik terpilih dilakukan langsung oleh Ir H Mawardi Ali di gedung JSC Kota Jantho, Selasa, 17 September 2019.

Upacara pelantikan disaksikan oleh Ketua DPRK, Sekda, Wakapolres, Dandim 0101 BS, para pimpinan OPD, Camat dan ribuan masyarakat yang berasal dari seluruh wilayah Aceh Besar.

Dalam kesempatan itu, Mawardi Ali meminta agar para geuchik yang dilantik segera menyelaraskan program gampong (desa) dengan program pemerintahan kabupaten setempat, sehingga sinergisitas dalam pembangunan bersama dan berkelanjutan dapat terwujud dengan baik.

Orang nomor satu Aceh Besar itu juga menyinggung masalah pengelolaan sampah di Aceh Besar. "Pengelolaan sampah harus menjadi tanggung jawab bersama baik gampong maupun pemerintah kabupaten," kata Mawardi Ali.

Bupati juga meminta geuchik mengalokasikan dana desa untuk pengelolaan sampah seperti pengutipan dan penyediaan lokasi penampungan sementara untuk selanjutnya mudah diangkut oleh truk sampah milik Aceh Besar ke tempat pembuangan akhir.

Bahkan, Mawardi Ali membolehkan pemungutan retribusi ke rumah-rumah, sehingga 2020 persoalan sampah di Aceh Besar bisa teratasi. "Kalau perlu silakan ambil retribusi jika sampah dijemput ke rumah masyarakat," kata Mawardi Ali.
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com