26 Juli 2022 | Dilihat: 192 Kali
Lapas Calang Terima Penghargaan dari KPPN Meulaboh, Terbaik II IKPA 2022
noeh21
Lapas Kelas III Calang, Rusli berhasil mendapat piagam penghargaan Peringkat II sebagai Satker dengan kinerja IKPA terbaik kategori pagu sedang. Foto. IST
 

IJN - Meulaboh | Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Calang berhasil meraih piagam penghargaan peringkat II sebagai Satuan Kerja (Satker) dengan kinerja IKPA terbaik kategori pagu sedang.
 
Piagam penghargaan tersebut diserahkan dalam peningkatan nilai IKPA satuan kerja lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh, Selasa 26 Juli 2022.
 
Tampak hadir Kepala Lapas (Kalapas) Kelas III Calang, Rusli didampingi bendahara yang secara langsung ikut secara tatap muka di Kantor KPPN Meulaboh, dengan di ikuti oleh seluruh satuan kerja dibawah lingkup KPPN Meulaboh.
 
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala KPPN Meulaboh, Kurniawan. Dalam sambutannya, ia memberi apresiasi baik kepada seluruh satuan kerja di bawah lingkup Kantor KPPN Meulaboh.
 
"Nilai IKPA setiap Satker merupakan salah satu indikator yang menjadi penilaian, baik perencanaan anggaran, pertanggung jawaban anggaran, maupun pelaporan anggaran,"kata Kepala KPPN Meulaboh, Kurniawan.
 
Ia menjelaskan, latar belakang reformulasi IKPA adalah untuk mendukung belanja berkualitas dengan penguatan value for money dalam penilaian kinerja, mendorong akselerasi belanja dan pencapaian output belanja serta untuk menetapan derajat kewajaran (fairness treatment) dalam penilaian kinerja pada Satker.
 
"Dapat disimpulkan beberapa poin bahwa penilaian IKPA tahun anggaran 2022 berubah dari 13 indikator menjadi 8 indikator, meliputi; Revisi DIPA, Deviasi Hal III DIPA, Penyerapan Anggaran, Belanja Kontraktual, Penyelesaian Tagihan, Pengelolaan UP dan TUP, Dispensasi SPM, dan Capaian Output,"jelasnya.
 
Di akhir kegiatan, Kepala KPPN Meulaboh langsung menyerahkan piagam penghargaan kepada Satker yang mendapat predikat baik dalam hal penilaian IKPA Tahun 2022.
 
Bahkan, kali ini Lapas Kelas III Calang kembali berhasil mendapat piagam penghargaan Peringkat II sebagai Satker dengan kinerja IKPA terbaik kategori pagu sedang. 
 
Sementara itu, Kalapas Calang, Rusli mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran dan pegawai Lapas kelas III Calang.
 
"Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh jajaran Lapas Calang yang telah bekerja keras dan bekerja sama sehingga kita bisa meraih penghargaan yang membanggakan ini. Jangan cepat berpuas diri, karena kita harus tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja demi melayani seluruh lapisan masyarakat,"kata Rusli, Kepala Lapas Kelas III Calang.
 
Rusli menyebut, penghargaan ini hendaknya dijadikan motivasi dan semangat agar jajaran Lapas Kelas III Calang semakin berkinerja maksimal dalam mengelola keuangan negara. 
 
"Mari bekerja sesuai dengan jargon Kemenkumham, PASTI: Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Akuntabel,"tutupnya.
 
Sebagaimana diketahui, penghargaan ini merupakan momen kedua kalinya, di Tahun 2021 Lapas Kelas III Calang juga berhasil mendapat Peringkat II sebagai Satker pengelola anggaran terbaik kategori pagu sedang. (Hen/Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com