17 Maret 2020 | Dilihat: 330 Kali
Lapas Kelas II B Idi Sosialisasi Pencegahan Virus Covid-19
noeh21
Suasana sosialisasi di Lapas Kelas II B Idi, Kabupaten Aceh Timur.
 

IJN - Aceh Timur | Mewaspadai sejak dini penyebaran virus Corona, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Idi menggelar sosialisasi pencegahan dan penyebaran virus Covid-19 yang sedang mewabah diseluruh dunia, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Acara tersebut digelar di ruang kunjungan Lapas klas II B Idi, kabupaten Aceh Timur pada senin siang yang diikuti oleh ratusan warga binaan dan keluarganya, serta sejumlah petugas Lapas dan seluruh pejabat struktural.

Baca: Waspada! Dua WNI Positif Kena Virus Corona di Indonesia
 
Kalapas Kelas II B Idi Eka Priyatna menjelaskan, kegiatan tersebut untuk mencegah sejak dini terhadap penyebaran virus corona.
 
"Terutama terhadap pengunjung dengan warga binaan," kata Kalapas.
Menurutnya, Lapas juga merupakan tempat berinteraksi banyak orang antara keluarga dengan warga binaan pemasyarakatan. "Sosialisasi ini diharapkan bisa menghindari penyebaran pirus Corona atau Covid-19," harapnya.
 
Selain menerapkan pola hidup sehat terhadap warga binaan, Lapas Idi juga mengurangi layanan kunjungan terhadap keluarga binaan yang sebelumnya diadakan dua sesi pagi hingga sore.

Baca: Jokowi: 94 Persen Penderita Virus Corona Dapat Disembuhkan
 
"Untuk dua minggu kedepan layanan kunjungan hanya kita berlakukan satu sesi saja, yaitu pagi. Hal ini mempunyai dasar yaitu dari himbauan Bapak Presiden kita untuk mengurangi meminimalisir terjadinya kumpulan orang serta ditindaklanjut oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Aceh," terang Kalapas.

Baca: YARA Minta 5 Pejabat Aceh yang Pulang dari UEA Dikarantina Termasuk Plt Gubernur
 
Dalam sosialisasi tersebut, warga binaan dan pihak keluarga juga menerima dengan baik terhadap perubahan layanan kunjungan.
 
"Ini kita berlakukan demi kesehatan kita semua," jelas Kalapas Edy.

Baca: Kementan: Hewan Kesayangan Tidak Menularkan COVID-19
 
Langkah lain, Lapas Idi terus memantau kesehatan dan lingkungan oleh tenaga medis Lapas, juga menerapkan sterilisasi dengan cara menyediakan tempat cuci tangan dari dari pintu masuk Lapas hingga ke dalam blok.

​​​​​Baca: Isu Virus Corona di Aceh Tak Halangi Umat Islam Lakukan Ibadah Jumat
 
"Kita berlakukan untuk warga binaan dan keluarganya, termasuk petugas Lapas. Disini juga kita sediakan sabun antiseptik dan hand sanitizer untuk sterilisasi tangan," terangnya.

Baca: Miss Komunikasi Soal Corona, Pemerintah Aceh Jangan Buat Masyarakat Bingung
 
Lebih lanjut kata Kalapas Idi, terkait pencegahan virus menular itu pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Aceh Timur dan Dinas Kesehatan, serta pihak rumah sakit setempat.

Baca: Antisipasi Penyebaran Virus Corona, KNPI Subulussalam Minta Presiden Jokowi Lockdown Indonesia

Antisipasi Corona, Pemko Subulussalam Putuskan Sekolah Libur Mulai Besok
 
Akhir kegiatan, Kalapas Eka Priyatna beserta jajarannya membagikan selembaran brosur tata cara pola hidup sehat untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.
 
Penulis : Mhd Fahmi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com