20 Maret 2023 | Dilihat: 117 Kali
Lapas Meulaboh-Disbutcapil Aceh Barat Gelar Singkronisasi Data Perekam NIK WBP
noeh21
 

IJN - Meulaboh | Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Meulaboh bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat melalukan Sinkronisasi data Nik dan Perekaman E-KTP Warga Binaan Lapas Meulaboh, di Aula sidang TPP Lapas setempat, Senin 20 Maret 2023.
 
Diketahui, Kerjasama ini dalam rangka pemuktahiran data sebagai tindak lanjut dari Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor : PAS-UM.01.01-01 tentang Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu 2024 di Lapas/Rutan.
 
Dalam sambutannya, Kepala Disdukcapil Kabupaten Aceh Barat, Saijal Wahbi mengatakan, penelusuran NIK WBP dilakukan dengan 3 cara, yakni melalui pengecekan sidik jari, iris mata dan nama lengkap serta tempat, tanggal lahir. 
 
"Karena 3 hal tersebut menjadi acuan akurat untuk melihat apakah para WBP benar-benar memiliki data atau tidak,"katanya.
 
Selain itu, Kadisdukcapil juga mengatakan, dirinya beserta tim telah menyiapkan alat perekaman E-KTP apabila data WBP tidak ditemukan meskipun telah melewati pengecekan biometri.
 
Sementara itu, Plt Kalapas Indra Gunawan mengapresiasi atas bantuan yang diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Aceh Barat. 
 
Pihaknya berharap kegiatan ini bukan hanya menjadi bukti sinergitas, tetapi juga menjadi wadah silaturahmi antar Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Barat dan Aparat Penegak Hukum (APH).
 
"Pendataan ini juga begitu membantu dalam pengelolaan data warga binaan melalui sistem database Pemasyarakatan,"ujarnya.
 
Selain itu, Kadisdukcapil Aceh Barat juga memperkenalkan layanan unggulan mereka yang lain yaitu Identitas Kependudukan Digital yang dapat di akses pada Play Stor. (Ril)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com