21 Juni 2019 | Dilihat: 211 Kali
Mahasiswa dan Masyarakat Kampanye Gampong Zero Narkoba di Piyeung Mane
noeh21
 

IJN - Aceh Besar | Ada yang berbeda pagi ini di Kampung Piyeung Mane, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Jumat 21 Juni 2019.

Pasalnya, sekolompok Mahasiswa Keperawatan dan Pertanian Unsyiah yang tergabung ke dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) yang diketuai oleh Ulil Amri (keperawatan) dan 4 anggota lainnya yaitu Jeni Elvania dan Syahru Ramadhan dari keperawatan, serta Putri Surayya dan Muhammad Irwansyah dari pertanian bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) provinsi Aceh dan masyarakat Piyeung Mane melakukan kampanye Gampong Zero Narkoba.
 
Sebelum dilakukannya kampanye, 10 pemuda Gampong Piyeung Mane yang diketuai oleh Fakhrurrazi dilantik oleh BNN sebagai kader Gampong Zero Narkoba.

Kader yang sudah dilantik akan menjadi role model masyarakat Zero Narkoba bagi generasi selanjutnya di gampong Piyeung Mane bahkan di daerah lainnya di Aceh.

Ketua PKM-M Ulil Amri kepada media ini mengatakan, kegiatan kampanye anti narkoba ini sebagai bentuk kelanjutan program Gampong Zero Narkoba.

"Hari ini merupakan hari bersejarah, karena hari ini terbentuknya kader Zero Narkoba yang dilantik oleh BNN," kata Ulil.

Menurutnya, permasalahan narkoba yang terjadi di Aceh menjadi tugas kita bersama termasuk mahasiswa untuk memberantaskannya. 

"Salah satunya dengan melakukan pengabdian masyarakat dengan membentuk Gampong Zero Narkoba," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasi Rehabilitasi BNN dr. Deni mengatakan, kegiatan ini sangat luar biasa, kami pihak BNN mengacungkan jempol dan angkat topi kepada mahasiswa yang sudah membuat kegiatan ini. 

"Kalian adalah perpanjangan tangan pemerintah dalam memberantas narkoba. Kami sangat bangga jika semua mahasiswa peduli akan permasalahan narkoba," ujarnya.

Deni menambahkan, kampanye dilakukan dengan mengelilingi kampong Piyeung Mane sembari meneriakkan “Stop narkoba. Kami warga gampong Piyeung Mane menyatakan tidak pada narkoba”. 

"Kegiatan kampanye ini mendapat partisipasi masyarakat yang sangat baik, dan diikuti oleh kader Gampong Zero Narkoba, anak-anak sampai orang tua yang sangat antusias menolak narkoba," ungkapnya.

Penulis : Asrul
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com