11 September 2019 | Dilihat: 82 Kali
Masyarakat Seumanah Jaya Sulit Mendapatkan Air Bersih
noeh21
 

IJN - Aceh Timur | Kabupaten Aceh Timur yang mana di ketahui masyarakat luas dengan slogan Aceh Timur Bereh, akan tetapi keberehan tersebut belum sepenuhnya dirasakan masyarakat Aceh Timur sendiri.
 
Pasalnya, warga Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, masih kekurangan air bersih untuk keperluan sehari-hari.
 
Selama ini banyak warga yang tidak mampu membeli air, terpaksa harus turun ke sungai untuk mandi dan mencuci pakaian dengan air keruh, karna daerah ini tidak memiliki PDAM.
 
Aminah salah seorang warga Desa setempat mengatakan, ia selaku perwakilan warga yang merasakan kekurangan air bersih mengharapkan pemerintah agar membantu sarana dan prasarana air bersih bagi masyarakat khususnya Desa Seumanah Jaya.
 
"Selama ini kami sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih, bahkan untuk mandi dan mencuci pakaian harus di sungai keruh, itupun ketika air surut lumanyan enak buat kami mencuci, tarkadang ketika air banjir kami ketakutan kalau harus mandi dan mencuci pakaian kami ke sungai," ungkap aminah dalam rilis yang diterima Indojayanews.com, Selasa 10 September 2019.
 
Selain itu, arus sungai yang deras terkadang ancaman lain juga harus di lalui masyarakat tersebut demi bisa mencuci dan mandi karna ketiadaan PDAM di tempat mereka.
 
"Hal yang kami takutkan ketika banjir, yaitu buaya naik dari aliran sungai ke pemandian kami, ini yang kami takutkan, karena wilayah kami rawan keganasan binatang buas seperti buaya," tambah aminah.
 
"Harapan kami kepada pemerintah dan Intansi terkait supaya di Desa Seumanah Jaya, Rantau Peureulak dapat di bangun sarana PDAM agar kami tidak lagi susah menyuci maupun mandi harus di sungai keruh, karena sangat besar resikonya bagi kami masyarakat," harapnya.
 
Penulis : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com