24 November 2020 | Dilihat: 185 Kali
Meningkatkan Ekonomi Nelayan, Bupati Simeulue Serahkan Bantuan Perikanan
noeh21
Bupati Simeulue, Erli Hasyim (Erhas) menyerahkan bantuan perikanan. Foto (Indojanews.com)
 

IJN - Simeulue | Meningkatkan aspek ekonomi nelayan dalam jangka pendek, Pemerintah Kabupaten Simeulue serahkan bantuan perikanan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Simeulue Barat.

Penyerahan sejumlah bantuan perikanan diserahkan langsung oleh Bupati Simeulue, H. Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom di Desa Lamamek, Kecamatan Simeulue Barat, Selasa, 24 November 2020.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Simeulue, Isdawati, SP mengatakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan bibit lele dan pakan bibit lele terhadap enam kelompok di Kecamatan Simeulue Barat, selanjutnya bibit lobster dan pakan bibit lobster untuk satu kelompok.

Kemudian bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Simeulue yakni alat penangkap ikan ramah lingkungan untuk empat kelompok. Selain itu alat bantu menangkap ikan diberikan kepada dua kelompok.

"Ada 13 kelompok nelayan di Simeulue Barat yang menerima bantuan yang terdiri dari 65 orang,"kata Isdawati.

Bantuan bibit lele dan lobster bersumber dari Dana Penanggulangan Covid 19 yang berasal dari APBA tahun 2020 yang berjumlah Rp 325 juta. Sementara Dana Alokasi Khusus untuk alat tangkap senilai Rp 400 juta dari DAK Simeulue 2020

Bupati Simeulue, Erli Hasim mengatakan potensi kelautan memiliki aspek ekonomi jangka pendek yang bisa dirasakan masyarakat manfaatnya secara maksimal.

Upaya yang terus dilakukan untuk nelayan akan dibekali berbagai fasilitas kepada nelayan.

Pemda Simeulue juga dikatakan Bupati bahwa pada Januari 2021 menerima 10.000  unit solar sell lampu penerangan tenaga surya akan diprioritaskan di tempat pelabuhan nelayan. 

"Bantuan sepuluh ribu lampu tenaga surya merupakan bantuan dari Pemerintah Korea Selatan," kayanya.

Penyerahan bantuan kepada nelayan juga dihadiri Kepala Bappeda Simeulue, Inspektur Simeulue, Kadis Perikanan dan Kelautan,Plt. Kadis PUPR, Kadis Perkebunan dan Kesehatan Hewan, Kapolsek Simeulue Barat, Danramil Simeulue Barat.

Penulis : Redaksi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com