18 November 2022 | Dilihat: 266 Kali
Menteri ATR/BPN Serahkan 661 sertifikat tanah ke Lima Desa di Aceh Utara
noeh21
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah
 

IJN - Banda Aceh | Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Rabu 16 November 2022.
 
Dalam kunjungan tersebut, Menteri ATR/BPN menyerahkan 661 sertifikat tanah kepada petani plasma kemitraan dan binaan pembangunan perkebunan kelapa sawit PT. Satya Agung seluas 1.184.,34 Hektar yang terdiri dari 5 (lima) desa di Kabupaten Aceh Utara.
 
Penyerahan sertipikat tanah tersebut, turut didampingi para Pejabat Tinggi Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Pemerintah Kota Lhokseumawe, TNI/Polri, dan lainnya.
 
Adapun lima desa penerima sertipikat tanah dari Menteri ATR/BPN adalah, Desa Cot Girek, 287 sertifikat, Desa Bukit Makarti, Kecamatan Tanah Luas, 237 sertifikat, Desa Dayah Seupeng, Kecamatan Geureudong Pase, 25 sertifikat, Desa Krueng Mbang, Kecamatan Geureudong Pase, 25 sertifikat dan Desa Peudari, Kecamatan Geureudong Pase, 87 sertifikat.
 
Dalam sambutannya Menteri ATR/BPN berpesan, sertifikat tanah tersebut jangan sampai jatuh ke tangan orang lain dimasa yang akan datang.
 
Dalam kunjungan kerja tersebut,  Hadi Tjahjanto juga meresmikan Pembangunan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT. Satya Agung di Kecamatan. Geureudong Pase, Kabupaten Aceh Utara.
 
Selain itu, Menteri ATR/BPN juga mengunjungi masyarakat Kota Lhokseumawe untuk memantau pelaksanaan Program Strategis Nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dan sekaligus juga menyerahkan sertipikat tanah kepada sejumlah warga yang berada di Desa Uteunkot, Kecamatan Muara Dua, Kita Lhokseumawe.
 
Pembagian ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa atau bukan seremonial, melainkan langsung terjun ke rumah penerima sertifikat sembari menyapa langsung warga. Desa Uteunkot merupakan desa yang telah dideklarasikan sebagai desa lengkap.
 
Desa lengkap ini dimaksudkan sebagai desa yang seluruh tanahnya telah terpetakan dengan jelas dan seluruh tanah masyarakat telah tersertipikatkan.
 
Usai membagikan sejumlah sertifikat tanah, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto langsung bertolak kembali ke Jakarta melalui Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com