18 Agustus 2019 | Dilihat: 344 Kali
Meriahkan HUT RI Ke-74, Warga Dusun Kurnia, Pulo Sarok Gelar Aneka Lomba
noeh21
Berbagai kegiatan perlombaan dilakukan warga Dusun Kurnia, Kampung Pulo Sarok, Singkil, untuk memeriahkan HUT RI Ke-74.
 

IJN - Aceh Singkil | Meski dengan modal patungan dan swadaya, warga Dusun Kurnia, Kampung Pulo Sarok, Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, menggelar berbagai kegiatan lomba Agustusan memeriahkan HUT RI ke-74.
 
Kepala Dusun Kurnia, Supaidi kepada Indojayanews.com, Sabtu 17 Agustus 2019 malam mengatakan, untuk membakar semangat nasionalisme dan menjunjung tinggi rasa persatuan serta mengingat sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia pada 74 tahun silam, Warga dusunnya menggelar beragam macam kegiatan lomba, dilahan kosong setempat.
 
Dikatakan, demi terlaksananya kegiatan untuk memeriahkan HUT RI tersebut, warga Dusun Kurnia melakukan pengumpulan dana secara patungan swadaya.
 
"Alhamdulillah meski tanpa adanya dukungan dari Instansi terkait lainnya, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan," ucap Supaidi.
 
Supaidi mengatakan, untuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan warga dusun tersebut, dimulai disore harinya setelah pelaksanaan upacara peringatan HUT RI.
 
"Warga Dusun Kurnia setiap tahun selalu memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.
 
Adapun berbagai kegiatan lomba yang dilaksanakan warga Dusun Kurnia tersebut diantaranya, panjat pinang katagori anak-anak dan dewasa, tarik tambang anak-anak, tangkap belut, makan kerupuk, ambil koin didalam jeruk pakai mulut, tangkap bebek, dan berbagai kegiatan lomba lainnya.
 
Menariknya dalam rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan lomba bola dangdut yang diikuti oleh para ibu-ibu, dan penampilan kuda kepang yang sengaja didatangkan dari Kecamatan Gunung Meriah.
 
Acara tak hanya ditonton oleh masyarakat setempat, namun juga warga dusun dan kampung sebelah ikut menyaksikan pergelaran lomba.
 
Ironisnya, dari pantauan awak media dalam kegiatan HUT RI ke-74, selain pemerintah Kampong Pulo Sarok dan Kampong yang ada di kecamatan Singkil hal serupa banyak tidak terlihat. "Mungkinkah tidak teralokasikannya dana untuk peringatan hari yang bersejarah hanya setahun sekali itu," ungkapnya.
 
"Dengan dilaksanakan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan warga dalam satu wadah Dusun Kurnia meski berbeda suku," harapnya.
 
Penulis : Erwan
Editor   : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com