25 Januari 2019 | Dilihat: 322 Kali
Minta Pemerintah Bangun Kampus di Aceh Timur, Berikut Isi Tuntutannya
noeh21
Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (EW-LMND) Aceh Timur, foto ; Fahmi
 

IJN - Aceh Timur | Sejumlah massa terdiri dari mahasiswa di Aceh Timur menggelar aksi unjuk rasa menuntut Pemkab Aceh Timur segera mengupayakan membangun kampus di Kabupaten Aceh Timur, Jumat 25 Januari 2019.

Aksi tersebut dilakukan di depan Kantor Bupati Aceh Timur dan Kantor DPRK Aceh Timur. Dalam aksinya, massa meminta Pemkab segera mengupayakan berdirinya kampus di daerah tersebut demi memudahkan pendidikan dan mencerdaskan generasi Aceh Timur kedepan.

Dalam aksi yang dihadiri puluhan mahasiswa itu, massa turut memberikan petisi tuntutan antara lain; Meminta kepada Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan Pemerintah Aceh untuk mendirikan Universitas Negeri di Aceh Timur.

Baca juga : Mahasiswa Aceh Timur Tuntut Pemerintah Bangun Kampus

Kemudian, Pemerintah juga diminta mewujudkan pendidikan gratis/murah, ilmiah dan demokratis di Aceh khususnya Aceh Timur. Mereka juga meminta DPRK Aceh Timur mendukung sepenuhnya terhadap pendidikan tinggi bagi generasi Aceh Timur.

"Mengajak pihak DPRK Aceh Timur untuk berjuang dan menyuarakan bersama-sama dengan kami, demi terwujudnya Universitas Negeri di Kabupaten Aceh Timur. Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 1," baca Koordinator Aksi Zulkifly.

Lanjut Koodinator Aksi, mereka juga meminta pemerintah mewujudkan generasi Aceh Timur yang tangguh, yang mampu membawa Aceh mandiri secara ekonomi, berdaulat secara politik serta berkepribadian secara agama (Islam) dan budaya sendiri. 

Penulis : Mhd Fahmi
Editor    : Hidayat S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com