02 Agustus 2018 | Dilihat: 715 Kali
Miris, Angka Kemiskinan Aceh Singkil Meningkat
noeh21
Kepala BPS Aceh Singkil, Ibrahim dan Kasi Statistik Sosial, Roni Rahmadi Saat Diruang Kerjanya.
 

IJN | Aceh Singkil - Sejak dua tahun terakhir ini, angka kemiskinan Kabupaten Aceh Singkil, yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) sektor Kelautan, Perkebunan, dan Parawisata sangat berpotensi dikembangkan untuk pemberdayaan ekonomi, meningkat menjadi 22,11 persen.


Peningkatan tersebut terlihat dari data Survei Sosial Ekonomi Nasional Susenas, BPS, seperti ditahun 2016, persentase angka kemiskinan Kabupaten Aceh Singkil 21,60 persen dari 25.090 ribu penduduk.


Ditahun 2017 angka tersebut meningkat menjadi 22,11 persen dari jumlah  penduduk miskin 26.270 ribu, ucap Kepala Statistik Aceh Singkil,Ibrahim melalui Kasi Statistik Sosial, Roni Rahmadi, Kepada IJN, Kamis 2 Agutus 2018, diruang kerjanya.


Dengan begitu, angka kemiskinan Kabupaten Aceh Singkil berada diurutan paling atas dari 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Tapi, bukan berarti dengan angka tersebut, jumlah penduduk Kapubaten Aceh Singkil yang miskin terbanyak di Aceh. Karena untuk jumlah penduduk miskin terbesar dalam Provinsi Aceh berada pada Kabupaten Aceh Utara dengan 118.740 jiwa, jelas Roni.


Selanjutnya Roni mengatakan, Garis kemiskinan adalah representasi dari jumlah minimum rupiah yang dibutukan untuk kebutuhan per kapita rumah tangga.


Namun,  garis kemiskinan selalu fluktuatif dan berubah tergantung pola konsumsi masyarakat, baik konsumsi makanan maupun non makanan.


Sementara untuk data jumlah angka kemiskinan tahun 2018, masih tahap proses perekapan pengolahan data. Karena pihak BPS baru melakukan survei dibulan Maret lalu, tutupnya.

Kontributor Aceh Singkil ( Erwan)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com