21 Juni 2019 | Dilihat: 770 Kali
MPD Temukan Sejumlah Guru Kontrak Tak Aktif Mengajar
noeh21
Ketua MPD Subulussalam, Jaminuddin B, S. PdI
 

IJN | Subulussalam - Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam menemukan sejumlah guru berstatus kontrak tidak aktif masuk ke sekolah. 

Hal itu disampaikan Ketua MPD, Jaminuddin B, S. PdI kepada IJN, Jumat 21 Juni 2019. Menurut Jaminuddin, pihaknya bukan hanya menemukan sejumlah guru tak aktif mengajar, melainkan beberapa guru kontrak malah berpindah sekolah.

"Temuan itu hasil monitoring tim kita di lapangan. Anehnya, lagi banyak guru kontrak yang tidak disiplin dalam melaksanakan tugasnya di sekolah masing-masing yang telah ditentukan, " kata Jaminuddin.

Yang lebih parahnya lagi, tambah Jaminuddin, pihaknya mengetahui adanya perekrutan guru kontrak di tahun 2018 tanpa di ketahui oleh publik dan tidak dilakukan seleksi sebagaimana dilakukan seleksi guru tenaga kontrak ditahun sebelumnya dengan melibatkan stakeholder.

" Hasil seleksi guru tenaga kontrak yang dilaksanakan panitia bersama antara MPD, Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, PGRI Kota Subulussalam tahun 2017 lalu, banyak yang tidak aktif bahkan berpindah tempat mengajar. Kami meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam untuk secepat mungkin mengambil tindakan terkait permasalahan tersebut " ujarnya.

 Ditambahkan, MPD mengaku sangat prihatin dengan guru kontrak yang tidak disiplin padahal pihaknya telah memperjuangkan kenaikan honorarium guru kontrak di tahun 2019, namun masih ada oknum yang masih malas mengajar. 

Jaminuddin mengakui bahwa banyak juga guru kontrak  yang disiplin dan bekerja dengan penuh semangat, maka perlu kembali pembenahan dan penyegaran dengan melakukan seleksi ulang " perlu kita lakukan penyegaran terhadap guru kontrak " kata Jaminuddin.

Selain guru kontrak, Jaminuddin juga menyampaikan  perlu adanya evaluasi terhadap guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil untik dilakukan pemerataan agar guru ASN tidak menumpuk di suatu sekolah terlebih di sekolah yang berada di perkotaan.

Penulis : AB
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com