19 September 2019 | Dilihat: 289 Kali
MTQ Aceh di Pidie, Pemko Subulussalam Utus 73 Kafilah
noeh21
 

IJN - Subulussalam | Pemerintah Kota Subulussalam mengutus 73 orang kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-34 tingkat Provinsi Aceh yang dilaksanakan di Kabupaten Pidei mulai 20 - 28. Kafilah dari Kota Subulussalam tersebut pun diberangkatkan, Kamis 19 September 2019 dan dilepas Wakil Walikota Subulussalam, Drs. Salmaza, MAP di pendopo Walikota setempat.

Diantara 73 orang kafilah tersebut terdiri dari 48 orang peserta, 10 orang pelatih, official 5 orang, dan pembina 10 orang dan mengikuti enam cabang yakni, tilawatil Qur'an, hifzhil Qur'an, Sarhil Qur'an, fahmil Qur'an, Musabaqah menulis Al-Qur'an, dan Khattil Qur'an. 

Ketua panitia MTQ Kota Subulussalam, H. Hermaini, S. PdI, MM saat menyampaikan laporan mengatakan bahwa pihaknya beberapa minggu lalu telah melakukan bimbingan peserta untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Aceh yang dilaksanakan di Kabupaten Pidie. Hermaini yang merupakan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam itu juga mengatakan dalam melakukan bimbingan dan latihan bagi para peserta, pihaknya mengundang pelatih dari Bandung " pak Wakil Walikota, perlu kami sampaikan bahwa panitia telah melatih dan membimbing peserta dengan mendatangkan pelatih dari Bandung " kata Hermaini.

Hermaini pun menargetkan kafilah Kota Subulussalam setidaknya mendapat juara 5. Sebab, kata Hermaini, jika melihat MTQ sebelumnya, kafilah Subulussalam berada di posisi 10 besar " Insya ALLAH dengan upaya kita selama ini sebelum berangkat, Subulussalam setidaknya mendapat juara 5. Itu target kita " ungkapnya.

Sementara, Wakil Walikota Subulussalam, Drs. Salmaza, M, AP dalam sambutannya berharap apa yang ditargetkan panitia tersebut bisa tercapai. Salmaza pun berjanji pemerintah akan memberikan bonus bagi peserta yang mendapat juara berupa uang kontan. Bonus yang tersebut, kata Salmaza, pemerintah akan memberikan Rp 25 juta bagi peserta juara 1, dan Rp 20 juta bagi juara 2. Sedangkan untuk juara 3 akan diberi bonus sebesar Rp 15 juta dan bagi pelatih juga diberikan bonus sebesar Rp 10 juta. Tentu hal itu dilakukan pemerintah untuk memberikan motivasi terhadap peserta nantinya. 

"Kami juga berpesan kepada pelatih dan pembimbing untuk menjaga dan memantau para peserta. Saya melihat peserta ini wajahnya sangat cerah dan saya yakin akan mendapat juara mengharumkan nama daerah Kota Subulussalam, " kata Salmaza.

Selain itu, terlihat usai pelepasan, peserta juga diberi pembekalan berupa uang dari Ketua TP PKK, Hj. Mariani Harahap diluar tanggungan dari panitia.

Penulis : AB
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com