20 Agustus 2019 | Dilihat: 94 Kali
Murid PAUD Hingga SMA Singkil Meriah Karnaval Agustusan
noeh21
Ketua PKK Aceh Singkil, Ibu Atmah, didampingi ibu Sekda, ibu Kadis Pendidikan, saat melepas pawai karnaval, dilapangan daulat, Pasar, Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Sejumlah murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga siswa menengah atas (SMA) ibukota Kabupaten Aceh Singkil, mengikuti karnaval kebangsaan Agustusan, yang dilaksanakan di Singkil, Selasa 20 Agustus 2019.
 
Dalam kegiatan dengan memanfaatkan momen hari proklamasi kemerdekaan RI, untuk merekatkan rasa persatuan bangsa itu dibuka oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, dan pawai karnaval yang diiringi group drum band SMP Muhammadiyah, Singkil, dengan star dan finish dilapangan daulat, setempat, dilepas oleh Ketua PKK, Ibu Atmah.
 
Para murid sekolah peserta karnaval menampilkan keberagaman pakaian adat yang ada diIndonesia, serra budaya yang khas Islami, dan berbagai kostum keprofesian seperti nelayan, praktisi kesehatan, petani modern dan juga kostum masa perjuangan juga ditampilkan.
 
Bupati Aceh Singkil, Dulmisrid dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan yang setiap tahun dilakukan itu merupakan suatu rangkaian acara untuk meriahkan HUT RI ke-74. Dengan penampilan peserta karnaval memakai pakaian adat kebudayaan yang ada di Indonesia berbeda-beda, tetapi kita rakyat Indonesia tetap harus terus bersatu.
 
"Sehingga, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat menumbuh kembangkan rasa persatuan dan menyuburkan nasionalisme serta toleransi bisa tumbuh dan berkembang di tengah sikap intoleransi," ujar Bupati.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil, Yusfit Helmi mengatakan, kegiatan karnaval merupakan rangkaian acara memeriahkan HUT Ri. Namun, karena berbagai hal dan banyak nya rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, hingga harus mengundur pelaksanaan hari ini.
 
Usai pelaksanaan pawai karnaval peserta kembali kelapangan daulat, Pasar, Singkil, Pihak Panitia dalam Hal ini Dinas Pendidikan, mengunumkan pemenang karnaval mulai dari tingkat TK hingga SMA.
 
Adapun pemenang dalam lomba karnaval tersebut diantara nya untuk tingkat TK, juara 1, TK ABA, juara 2, TK Edelwis, dan juara 3, TK. DWP.
 
Selanjutnya tingkat SD, juara I, SD Negeri 1 Singkil, Juara II, SDN 3 Singkil, dan juara III, SD N 2 Singkil.
Sedangkan untuk tingkat SMP, Juara I diraih SMP Muhammadiyah Singkil, juara II, MTsN Singkil, dan Juara III, SMP 1 Singkil.
 
Begitu juga untuk tingkat SMA, juara 1, diraih oleh SMA 1 Singkil. Disamping untuk peserta karnaval hanya diikuti oleh SMA tersebut.
 
Pantauan dilapangan, kelihatan para masyarakat memenuhi lapangankan dan jalan umum lokasi pelaksanaan karnaval untuk melihat langsung secara dekat.
 
Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com