05 Februari 2019 | Dilihat: 194 Kali
Nelayan Deyah Raya Dapat Bantuan MCK dan Balai Sembahyang
noeh21
Peletakan batu pertama pembangunan MCK dan Balee Sembahyang. Foto: IJN
 

IJN - Banda Aceh | Nelayan di Desa Deyah Raya Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, mendapat bantuan berupa pembangunan MCK dan Balee Sembahyang (Mushalla), Selasa 5 Februari 2019.

Bantuan tersebut diserahkan Ampon Puteh yang diterima langsung Kepala Desa Deyah Raya Samsul Bahri. Hadir dalam kesempatan itu Guru Besar UIN Ar Raniry Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim, MA, yang juga merupakan salah satu penyumbang dana pembangunan Balee Sembahyang (mushalla) untuk nelayan setempat.

Ampon Puteh, dalam sambutannya mengatakan, bantuan tersebut diberikan karena mengingat warga setempat yang selama ini berprofesi sebagai nelayan, menyandarkan perahunya di lokasi tersebut. Para nelayan dinilai membutuhkan tempat yang layak seperti MCK dan sarana ibadah.

"Jadi kita buatkan yang layak untuk kepentingan nelayan, sehingga mereka dimudahkan dalam mencari nafkah sehari hari saat pergi dan pulang melaut. Kita bangun dengan bahan lebih baik dan diharapkan berguna untuk nelayan yang ingin menunaikan ibadah," harap Ampon Puteh.

Sementara Guru Besar UIN Ar Raniry Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, yang selama ini sangat peduli dengan kegiatan sosial dan keagamaan menyebut, setiap bantuan yang diberikan dan bermanfaat untuk orang lain sangat penting.

"Manusia terbaik yang ada manfaat bagi orang lain. Disini memang banyak masyarakat mulai melaut sejak shubuh. Kita berikan dukungan dan kita dukung gerakan seperti ini," kata Farid Wajdi disela sela peletakan batu pertama pembangunam Balee Sembahyang untuk nelayan setempat.

Menurut mantan Rektor UIN Ar Raniry itu, dirinya terinspirasi dengan gerakan safari subuh yang membantu membangun rumah untuk dhuafa. "Bila melakukan yang baik maka kebaikan itu untuk diri sendiri," ucapnya mengutip salah satu ayat dalam Al Qur'an.

Prof Farid Wajdi menjelaskan, sangat sedikit manusia yang bersyukur. Hal itu diungkap dalam Al Qur'an, padahal kata dia, Allah telah berikan nikmat yang tak terhingga bagi manusia. Ia pun mengutip beberapa ayat dalam Al Qur'an tentang nikmat yang banyak diberikan oleh Allah kepada manusia, namun sedikit yang bersyukur.

"Maka marilah kita tebarkan kebaikan sebanyak mungkin di dunia ini semampu kita. Mudah mudahan bermanfaat untuk orang lain," ujarnya seraya mengajak kepada hadirin selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.

Selain itu, Samsul Bahri selaku Kepala Desa Deyah Raya mengaku terkejut saat diampaikan Ampon Puteh akan ada bantuan MCK dan Balee Sembahyang untuk warganya yang berprofesi sebagai nelayan.

"Saya terkejut, ada bantuan seperti ini, insyaallah nelayan kami sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. Namun ada satu hal lagi perlu kami sampaikan, kuala kami sudah dangkal, nelayan kami yang ingin melaut itu terkadang harus menunggu air pasang untuk bisa melaut, jadi kalau bisa mohon itu dicarikan solusi, mudah mudahan akan membantu nelayan kami," harapnya.

"Kami sangat berterima kasih tentunya atas bantuan bapak bapak ini, semoga rezkinya dimudahkan dan terus ditambah oleh Allah, agar bisa terus menebarkan kebaikan kepada semua orang," demikian sambung Kepala Desa Deyah Raya Samsul Bahri.

Turut hadir dalam kesempatan itu sejumlah tokok Aceh seperti Mukhlis Muktar yang juga calon anggota DPD RI nomor urut 38, dan sejumlah tokoh lainnya. Acara berlangsung hingga pukul 18.30 WIB dan berjalan penuh keakraban.

Penulis : Hidayat S
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com