26 Januari 2021 | Dilihat: 74 Kali
Ombudsman Aceh Apresiasi Inovasi Pelayanan di Mahkamah Syariyah Jantho
noeh21
Kunjungan Perwakilan Ombudsman Aceh
 

 
IJN - Aceh Besar | Kepala Perwakilan Ombudsman Aceh, Dr. H. Taqwaddin, S.H., S.E., M.S., mengapresiasi inovasi-inovasi pelayanan dalam meningkatkan pelayanan di Mahkamah Syar'iyah Jantho.
 
Hal itu disampaikan Taqwaddin disela-sela kunjungannya silaturrahmi ke Mahkamah Syar'iyah Jantho, pada Selasa 26 Januari 2021.
 
Seperti diketahui, kunjungan yang dilakukan oleh Ombudsman Aceh ke Mahkamah Syar'iyah Jantho guna melihat secara langsung pelayanan yang diberikan oleh Mahkamah Syar'iyah Jantho kepada para pencari keadilan di tengah masa pandemi covid-19 dalam satu tahun terakhir.
 
Dalam kunjungan itu, Ketua Ombudsman didampingi oleh Soraya Kamaruzzaman (Pemerhati Perempuan) dan 2 (dua) anggota team lainnya. 
 
Ketua Mahkamah Syar'iyah Jantho, Siti Salwa, S.H.I., M.H. dalam penjelasannya kepada Ketua Ombudsman Aceh menyampaikan bahwa Mahkamah Syar'iyah Jantho telah banyak melakukan inovasi-inovasi pelayanan untuk meningkatkan pelayanan kepada para pencari keadilan. diantaranya dengan peluncuran aplikasi Simala (sistem informasi pelayanan Mahkamah Syar'iyah Jantho) dan SIPA (sistem penelusuran akta cerai).
 
Disamping itu, Mahkamah syar'iyah Jantho juga meningkatkan persidangan dengan proses e-litigasi kepada para pihak yang terdaftar melalui e-court, sehingga para pihak tidak perlu hadir secara langsung untuk menghadap ke forum persidangan di Mahkamah. 
 
"Hal ini semata-mata untuk memudahkan para pihak dalam memperoleh pelayanan terlebih pada masa pandemi covid19 saat ini,"jelas Ketua Mahkamah Syar'iyah Jantho, Siti Salwa.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala perwakilan Ombudsman Aceh mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh  pimpinan dan seluruh aparatur Mahkamah Syar'iyah Jantho.
 
"Kita sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Mahkamah Syar'iyah Jantho dalam meningkatkan pelayanan kepada pencari keadilan, tentu hal ini harus menjadi komitmen yang harus dijalankan oleh semua instansi khususnya yang berkaitan langsung dengan masyarakat, ada sanitasi prokes ditengah pandemi, penunjuk arah, mulai parkir, pelayanan terpadu, ruang tunggu, serta sarana penunjang disabilitas serta ruang tunggu tahanan pidana islam yang mantap dan bersih, serta ruang tunggu sidang bagi lawyer ( pengacara ),"jelasnya.
 
Pada kunjungan tersebut, Ketua Ombudsman Aceh juga meninjau pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Mahkamah Syar'iyah Jantho serta melihat secara langsung proses penyampaian informasi kepada aparat pihak dan proses pendaftaran perkara, serta mencoba trial proses pembuatan simulasi gugatan di anjungan gugatan mandiri. 
 
"Saya bangga kepada aparatur Mahkamah Syar’iyah Jantho atas pelayanan dan kebersihan, serta keakuratan waktu dalam pelayanan, pertahankan, semoga Jantho Meraih Prestasi WBK & WBBM dari Kemenpan RB kedepan,"tutup Taqwaddin. 


Penulis : Hendria Irawan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com