06 Oktober 2019 | Dilihat: 392 Kali
Para Cendekiawan Muda Abdya Gagas Kota Qurani, Satu di Antaranya Putra Bupati
noeh21
(kiri-kanan) Ustadz Akbar Maulana, dan Ustadz Abrar Ridha,. di acara seminar Abdya Kota Qurani, Sabtu (5/10/2019)
 

IJN - Abdya | Ratusan generasi muda Aceh Barat Daya dari berbagai komponen mengikuti seminar bertajuk Abdya kota Qur'ani, di aula mesjid Pemkab setempat.

Diketahui, seminar yang digagas oleh para cendekiawan muda Abdya itu turut dihadiri Sekdakab Abdya Drs. H. Thamrin bersama perwakilan TNI Polri, para kepala SKPK, dan sejumlah ulama dalam kabupaten. Moderator dan Mentor seminar diisi oleh para ustadz muda mahasiswa dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, di antaranya Ustadz Akbar Maulana, Ustadz Zaki Mubarrak, LC., Ustadz H. Taufiqurrahman  Surya B, SH., dan putera sulung Bupati Abdya, Ustadz Abrar Ridha yang baru saja menyelesaikan hafiz Qur'an 30 Juz.

Dikomfirmasi terpisah, Ketua panitia penyelenggara Yudya Pratidina menyebutkan tujuan diadakan seminar tersebut untuk menangkal kenakalan remaja sekaligus untuk menyatukan komunitas Islam se-Abdya.

"Kita berharap kreasi acara kemarin bisa diestafet oleh generasi muda Abdya lainnya dengan masing-masing ide dan gagasan, demi mewujudkan cita bersama, Abdya sebagai kota Qur'ani. Dan kita cukup berbangga dalam hal ini Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh dan responsif," ujar Yudya Pratidina di Blangpidie, Minggu 6 Oktober 2019.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu mentor, Ustadz Zaki Mubarrak, LC. Dalam keterangan Whatsapp Ustadz Zaki menyebutkan latar belakang digelarnya seminar Abdya Kota Qur'ani yakni untuk menumbuhkan semangat generasi muda belajar Al Quran, dan pentingnya menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup.

"Khususnya di Bumi Padi Sigupai kita berharap, Al Quran ini benar-benar tertancap di hati dan menjadi karakter bagi generasi muda kita, sehingga terbangun Abdya kota Qur'ani," tutupnya.

Penulis : Heri Purwanto
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com