30 Juni 2020 | Dilihat: 186 Kali
Partai Golkar Sabang Minta Pemko Perketat Pengawasan di Pelabuhan Ulee Lheue
noeh21
Ketua DPD II Partai Golkar Kota Sabang Hj. Cut Yulita Darwin. Foto ist
 

IJN - Sabang | Semakin meningkatnya wabah Covid-19 di Indonesia termasuk dibeberapa daerah di provinsi Aceh, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Sabang meminta kepada pemerintah setempat untuk memperketat pengawasan di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue. 

Hal ini disebabkan karena saat ini pasien penyebaran wabah Corona virus disease 2019 (Covid-19) semakin terus meningkat, dan juga di kota Sabang beberapa hari lalu sudah ada satu kasus positif Covid-19.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Sabang Hj. Cut Yulita Darwin kepada media Indojayanews.com mengatakan, peningkatan pengawasan harus dilakukan khususnya kepada penumpang kapal baik kapal Fery Roro maupun kapal cepat yang menuju ke pulau Sabang.

Menurutnya, upaya ini perlu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya peningkatan pasien yang terserang virus Corona terus meningkat di daerah. 

"Kota Sabang sendiri beberapa hari lalu juga telah ditemukan satu orang pasien yang positif Covid-19, dari itu kita meminta ketegasan dari tim gugus tugas Covid-19 Sabang. Seharusnya di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue agar menyediakan dokter yang ditugaskan secara bergantian termasuk mempersiapkan alat rapid test, uji swab, APD atau bentuk lainnya, terutama bagi pengunjung yang berasal dari luar Aceh atau baru berpulangan dari luar Aceh," kata Cut Yulita. 

Ditambahkan, memperketat pengawasan secara protokol kesehatan perlu dilakukan mengingat Sabang merupakan pulau yang sangat kecil dan pembauran masyarakatnya juga sangat mudah, apalagi dengan tenaga medisnya sangat terbatas serta fasilitas kesehatan yang sangat minim. 

"Sebenarnya untuk pulau Sabang sangat mudah melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, karena menuju ke Kota Sabang hanya memiliki satu pintu masuk yaitu dari Pelabuhan Ulee Lheue," ujar politisi Golkar.

Kalaupun ada yang menggunakan jasa boat nelayan itu hanya diperlukan peran aktif para panglima laot Lhok masing-masing sesuai wilayahnya, tambahnya. 

Ia berharap kepada Pemko Sabang beserta tim Covid-19 harus bersinergi dan saling berkoordinasi dan bertindak tegas kepada pengunjung yang datang dari daratan Aceh, khususnya dari zona merah seperti Medan, Jakarta dan beberapa daerah lain yang tingkat mewabah Virus telah tinggi.

Penulis : IIN
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com