27 Desember 2022 | Dilihat: 487 Kali
Pemkab Aceh Barat dan Nagan Raya Jalin Kerjasama Tingkatkan Ketahanan Pangan
noeh21
Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, bersama Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., MSi, di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Aceh Barat, Selasa 27 Desember 2022.
 

IJN - Meulaboh | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat dan Nagan Raya menandatangani nota kesepakatan kerjasama antar kedua kabupaten, terkait perdagangan komoditi pangan, perikanan dan pertanian secara umum.

Kerjasama tersebut ditujukan untuk meningkatkan ketahanan pangan serta menekan laju inflasi di kedua daerah.  

Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, bersama Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., MSi, di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Aceh Barat, Selasa 27 Desember 2022.

Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, dalam sambutannya menyampaikan, jalinan kerjasama antar daerah, tepatnya antara Pemkab Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya merupakan suatu langkah strategis dalam rangka menunjang pembangunan daerah serta mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di masing-masing Kabupaten.

Selain itu, sesuai dengan program nasional, juga untuk meningkatkan ketahanan pangan serta menekan laju inflasi. Seperti yang diminta oleh Mendagri Tito Karnavian, setiap zoom meeting pada Senin setiap pekannya.

"Kami mengapresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, unsur Forkopimda serta semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kesepakatan ini. Insyaallah niat baik kedua belah pihak akan memberi manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat," ujar figur nomor satu di Kabupaten Aceh Barat itu. 

Menurut Mahdi, hal tersebut adalah wujud sinergitas dan kolaborasi dalam menyelaraskan program pembangunan daerah, khususnya dalam lingkup sektor pangan, perikanan dan pertanian, guna mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, serta turut menjadi upaya bersama dalam pengendalian inflasi daerah, sesuai dengan arahan dari Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat. 

Upaya pengendalian inflasi sendiri, lanjut Mahdi, memerlukan indikator yang tepat dan akurat sehingga dapat memetakan komoditas yang menjadi target pengendalian.

“Selain itu, pemantauan secara rutin tentang fluktuasi harga dari beberapa komoditas yang menjadi penyebab inflasi juga harus terus dilakukan,” tutur Mahdi. 

Untuk itu, butir-butir yang tertuang dalam nota kesepakatan ini diharapkan mampu menjadi upaya nyata pengendalian inflasi daerah, dengan menjaga dan meningkatkan ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi hasil produksi khususnya komoditas bahan pangan pokok, serta mendorong terciptanya struktur pasar yang kompetitif dan efisien, sehingga dapat mengurangi tekanan perbedaan harga antar Kabupaten.

Disamping itu, Mahdi berjanji akan terus mendorong terwujudnya berbagai upaya pengendalian inflasi lainnya sebagai bentuk respon aktif Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), agar berperan lebih intensif untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipatif pengendalian inflasi daerah. 

Mahdi berharap nota kesepakatan bersama ini, dapat menjadi acuan dan pedoman kedepan, khususnya bagi para SKPK dalam merancang berbagai rencana tindak lanjut sebagai bentuk langkah konkrit dalam pengendalian inflasi daerah. 

Sementara itu, Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, mengapresiasi Pemkab Aceh Barat di bawah kepemimpinan Pj Bupati Mahdi yang telah menfasilitasi penandatanganan nota kesepakatan bersama, kerjasama tentang perdagangan komoditi pangan, perikanan dan pertanian sebagai wujud sinergi dalam pelaksanaan pembangunan di masing-masing Kabupaten. 

Ia berharap jalinan kerjasama ini, bisa menjadi langkah positif bagi kedua daerah dalam rangka mengoptimalkan perdagangan komoditi pangan, perikanan, pertanian demi membangun perekonomian daerah dan juga perekonomian masyarakat.

"Tentunya saling menguntungkan bagi kedua belah pihak yakni Nagan Raya dan Aceh Barat, yang mana kerjasama yang kita bangun ini, hendaknya dapat mendukung optimalisasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dalam mewujudkan kemakmuran dan kemajuan bangsa" tambah Fitriany. 

Ia menambahkan pihaknya berkomitmen untuk mengimplementasi seluruh isi perjanjian kerjasama yang telah disepakati ini, demi memberikan manfaat yang maksimal dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Turut hadir dalam acara penandatangan nota kesepakatan bersama tersebut Dandim 0105/Aceh Barat, Letkol Infantri Muhammad Syafi'i Nasution, para asisten dan staff ahli Bupati Aceh Barat dan Nagan Raya, serta para Kepala SKPK terkait. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com