14 Januari 2021 | Dilihat: 717 Kali
Pemkab Aceh Jaya Gandeng STAI-PTIQ Luncurkan Program Satu Gampong Satu Sarjana
noeh21
 

IJN - Calang | Dalam rangka kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan launching satu gampong satu sarjana yang digelar pada Kamis 14 Januari 2021.

Muhammad Yusuf, SE selaku ketua panitia kegiatan sekaligus wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan STAI-PTIQ mengatakan, program tersebut sangat mendukung pengembangan pendidikan di kabupaten Aceh Jaya, terutama bagi masyarakat yang ekonomi lemah.

​​​​​"Melalui program ini, akan membantu dan meringankan orang tua untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya ketingkat yang lebih tinggi,"kata Muhammad Yusuf.

Muhammad Yusuf menyebut kendala yang paling besar yang dirasakan oleh masyarakat adalah persoalan keuangan, sedangkan minat masyarakat Aceh Jaya sangat tinggi untuk dapat melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

"Dari itu perlu dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah, para intelektual, Camat, Keuchik dan masyarakat setempat agar program ini dapat terlaksana dengan baik. Apalagi di Aceh Jaya sudah ada kampus STAI-PTIQ, tentu kehadiran kampus ini memudahkan masyarakat Aceh  Jaya untuk melanjutkan pendidikan,"sebut Muhammad Yusuf.

Menurut Muhammad Yusuf, mengingat ke depan setiap tenaga pendidik harus memiliki gelar sarjana (S-1), sementara SDM yang dimiliki oleh Aceh Jaya saat ini terutama pada TK dan PAUD masih di dominasi oleh tenaga pengajar setingkat tamatan SMA.

"ini menjadi PR penting bagi kita semua," katanya.

Selain itu, Muhammad Yusuf juga akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah di STAI-PTIQ, serta berkomitmen akan memberikan dukungan penuh kepada pihak yang turut berkontribusi dalam gagasan tersebut.

Sementara Ketua STAI-PTIQ Aceh, Musa Alfadhil, S.Pd.I, MA, menyampaikan bahwa program satu gampong satu sarjana merupakan realisasi dari visi misi Kabupaten Aceh Jaya cerdas.

Ketua STAI-PTIQ berharap dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di kampus STAI-PTIQ dapat membawa makna bagi semua untuk memperbaiki diri agar lebih baik ke depannya.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Khairunnas anfa’uhum linnas” (sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain).

Program satu gampong satu sarjana secara resmi diluncurkan langsung oleh bupati Aceh Jaya Drs. H. T. Irfan TB, di kampus setempat.

Bupati Kabupaten Aceh Jaya, Irfan TB dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini lahir ketika melihat banyak masyarakat yang ada minat belajar, namun belum mampu menyekolahkan anak-anak nya keluar kabupaten Aceh Jaya.

"Menyangkut program ini saya sudah membuat Perbup dan memerintahkan Sekda untuk mempelajari tindak lanjutnya," kata Irfan TB.

Lebih lanjut, Irfan TB menjelaskan bahwa program ini langsung direalisasikan pada tahun ini juga, dan kami sangat  mendukung untuk pembukaan prodi-prodi baru di STAI-PTIQ yang saat ini memang sedang dalam progres pengusulan pembukaan prodi. Terutama Prodi Ekonomi Syariah dan PAUD.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Jaya, Forkopimda Aceh Jaya, DPRK Aceh Jaya, para Asisten, para SKPK, Para Camat se Aceh Jaya, ketua dan pengurus PGRI Aceh Jaya, para kepala sekolah SMA sederajat, kepala SMP sederajat, Ketua Forum Keuchik, Pimpinan Dayah.

Turut hadir beberapa Tokoh Aceh Jaya, Adnan NS, Haji Affan, Azwar Thaeb, juga hadir Wakil Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh, Drs. Fuadi, M.Ag., Wakil Ketua I STIS NU Aceh Tgk Dr. Fakhrul Rijal, S.Pd.I., MA., Ketua Prodi PAI STAI Tgk. Chiek Pante Kulu Tgk. Lismijar, MA, dan Sekretaris PERGUNU Banda Aceh Tgk. Ismail Darimi, S.Pd.I., M.Ag., serta para Dosen, Mahasiswa dan Masyarakat setempat. (Red)

Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com