18 Agustus 2018 | Dilihat: 307 Kali
Pemkab Aceh Singkil Gelar Lomba Karnaval Pakaian Adat
noeh21
Ketua PKK Aceh Singkil, Nyonya Atma Dulmursid Saat Melapas Pawai Karnaval Daerah Setempat.
 

IJN | Aceh Singkil – Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-73, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menggelar lomba Pawai Karnaval pakaian adat.

Pawai lomba karnaval yang diprakarsai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, diikuti sejumlah siswa pelajar sekolah mulai dari tingkat TK/SD/MI dan SMP/MTs serta SMA/ sederajat daerah setempat, dilaksanakan didepan lapangan daulat, Pasar, Singkil, Sabtu, 18/08/2018, di Buka Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, dan dilepas oleh Ketua PKK Nyonya Atma Dulmursid.

Bupati Aceh Singkil Dulmursid dalam sambutannya mengatakan, pawai karnaval tersebut dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kehadirat ALLAH SWT, Tuhan yang maha Esa  atas Kemerdekaan Indonesia yang sudah mencapai usia 73 tahun.

Serta untuk mengenalkan  keaneka ragaman suku, agama, adat istiadat, yang ada diIndonesia. Hal itu tergambar dengan pakaian adat yang ditampilkan pada karnaval ini.

Sehingga anak-anak sekolah memiliki keinginan untuk mengenal dengan jati diri dan  karakteristik masing-masing kebudayaan nusantara,ungkap Bupati.

Bupati berharap, dengan dilaksanakannya pawai karnaval tersebut, dapat membawa kesan dan pengalaman tersendiri bagi anak-anak sekolah.

Sebelumnya Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, H.Yusfit Helmi mengatakan, melalui lomba pawai karnaval itu di momen ulang tahun ini, kita dapat terus mempertahankan, melestarikan kebudayaan adat istiadat  daerah setempat. Ditambah lagi Kabupaten Aceh Singkil baru saja mengikuti PKA ke-7 yang merupakan suatu event besar ditingkat Provinsi Aceh dengan menampilkan berbagai penampilan kebudayaan adat istiadat setempat.

Dari sejumlah kebudayaan yang ditampilkan, Kontingen Aceh Singkil berhasil meraih juara, di PKA. " semoga apa yang telah diraih dan diperbuat kemarin dapat ditingkatkan di masa mendatang,” jelasnya

Dari pantauan IJN, start pawai karnaval yang dilepas mengelilingi Kota Singkil dan finish di kelapangan daulat Singkil. Setiap titik persimpangan lintasan peserta pawai terpaksa dilakukan penjagaan baik dari kepolisian, Satpol PP maupun petugas Dinas Perhubungan. (Erwan)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com