26 Maret 2019 | Dilihat: 161 Kali
Pemkab Asel Sosialisasi Program Santunan Kematian
noeh21
Sosialisasi program santunan Kematian. Foto AS
 

IJN - Aceh Selatan | Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengadakan Sosialisasi bantuan sosial berupa program santunan kematian yang tidak direncanakan kepada masyarakat Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala bagian kesejahteraan rakyat (Kabag Kesra) Syamsul Bahari SH mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang program pemerintah daerah melalui program Bantuan sosial yaitu santunan kematian kematian.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para Camat, Keuchik Gampong betul-betul membantu masyarakat sehingga tidak ada lagi permohonan dan surat keterangan ahli waris yang salah, " katanya.

Pantauan media ini, acara sosialisasi dihadiri sekitar 314 orang yang terdiri dari camat, Keuchik, Tokoh Masyarakat dan sejumlah kepala SKPK yang berlangsung di Rumoh Agam Tapaktuan, Selasa 26 Maret 2019.

Sosialisasi ini diharapkan agar peserta dapat memahami syarat dan alur mendapatkan dana santunan kematian untuk kemudian disampaikan ke masyarakat demi terwujudnya Aceh Selatan Hebat.

Sementara, Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam sambutannya menyampaikan, nila manusia meningal dunia ia berpotensi meninggalkan resiko bagi orang lain yaitu adanya beban biaya kematian yang harus ditanggung oleh keluarga yang ditinggalkan, Program santunan kematian merupakan sebuah upaya untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat.

"Sosialisasi santunan kematian merupakan upaya pemerintah Kabupaten Aceh Selatan memberikan perhatian kepada warga yang mengalami musibah karena musibah kematian anggota keluarga maka dari itu tujuan sosialisasi ini untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan memiliki kepedulian sosial guna meringankan beban keluarga penduduk yang meninggal, " kata Tgk Amran.

Hal tersebut tertuang dalam peraturan Bupati Kabupaten Aceh Selatan Nomor 17 tahun 2018 tentang petunjuk operasional bantuan sosial yang tidak dapat direncanakan untuk tujuan kematian.

"Kami menghimbau semua peserta yang hadir pada hari ini dapat ikut mensosialisasikan program ini dan jelaskan kepada masyarakat yang harus dipenuhi untuk mendapat santunan kematian tersebut, " ujar Tgk Amran.

Maka dari itu, perlu adanya pemahaman bersama bagi pelaksanaan baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Gampong dalam kabupaten Aceh Selatan, sehingga nantinya diharapkan dapat mengakomodir dan memecahkan kendala-kendala di lapangan agar program ini tepat sasaran diperlukan adanya sosialisasi disemua stakeholder, tutur Tgk Amran. 

Selanjutnya, dana santunan kematian tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya yang merupakan program kerja dari kami selaku bupati dan wakil bupati Kabupaten Aceh Selatan tertuang dalam salah satu visi dan misi pembangunan dibidang sosial kematian kami juga berharap ini dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

"Intinya penyaluran uang duka merupakan gerakan Prorakyat yang bertujuan untuk membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan dengan harapan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan keluarga yang tertimpa musibah, " ujarnya.

Penulis : As
Editor : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com