08 April 2024 | Dilihat: 721 Kali
Pemkab Nagan Raya akan gelar Pawai Obor dan Takbir Keliling malam Idul Fitri
noeh21
Ilustrasi Takbir Keliling. Foto. IndoJayanews
 

IJN - Suka Makmue | Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, akan menggelar pawai takbiran pada Selasa, 9 April 2024 (malam). 

Pawai takbiran ini akan dimeriahkan dengan pawai obor dan takbir keliling yang diikuti oleh masyarakat dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Suka Makmue, Kuala, dan Seunagan. Sementara bagi tujuh kecamatan lainnya, melaksanakan pawai takbiran di wilayahnya masing-masing.

Baca juga : Pengikut Thariqat Syattariyah di Nagan Raya Sudah Shalat Idul Fitri

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pawai takbiran ini merupakan salah satu upaya untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Selain itu, pawai takbiran ini juga diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam di Kabupaten Nagan Raya.

“Pawai takbiran ini merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat Nagan Raya. Selain untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri, pawai takbiran ini juga diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam di daerah kita,” kata Pj Bupati Fitriany Farhas di Suka Makmue, Senin, 8 April 2024.

Baca juga : Gerindra Usung Asib Amin jadi Calon Bupati Nagan Raya

Pawai takbiran ini akan dimulai setelah Salat Isya dengan titik kumpul di Masjid Agung Baitul A’la (Masjid Giok). Rute pawai takbiran akan dimulai dari Masjid Giok, kemudian menuju Jalan Nasional ke arah Jeuram, Kecamatan Seunagan dan Simpang Peut, Kecamatan Kuala serta kembali lagi ke Masjid Giok.

Pj Bupati Fitriany menambahkan bahwa seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Nagan Raya juga ikut berpartisipasi untuk mengikuti pawai takbiran ini. 

Baca juga : Silaturahmi dan Bukber, Masyarakat Beutong Usul Said Alwi Arif Jadi Cabup

Selain itu, dia mengajak masyarakat Nagan Raya untuk turut memeriahkan pawai takbiran ini bersama-sama, dan mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pawai.

“Semoga dengan adanya keikutsertaan dari seluruh OPD dan masyarakat, pawai takbiran menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah ini akan berlangsung dengan meriah,” imbuh Fitriany.


Penulis : Hendria Irawan
Editor : Redaksi
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com