08 Februari 2024 | Dilihat: 76 Kali
Pemkab Nagan Raya Peringati Isra Mikraj dengan Tausyiah
noeh21
Pemkab Nagan Raya peringati Isra Mikraj di Masjid Giok Nagan Raya. Foto. Diskominfo Nagan Raya
 

IJN - Nagan Raya | Dalam rangka memperingati Hari Isra’ dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1445 Hijriyah atau 2024 Masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, melaksanakan tausiah yang diisi oleh Tgk. Umar Ismail, S.Ag. 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam (DSI) Nagan Raya dengan tema "Menebar Kebaikan, Meningkatkan Persatuan, Demi Keutuhan Ukhuwah Islamiyah".

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si yang diwakili Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Zulfika, S.H. membuka kegiatan tersebut di Masjid Agung Baitul A'la (Masjid giok) kabupaten setempat, Kamis 8 Februari 2024.

Zulfika mengatakan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi yang sudah kental di kalangan masyarakat kaum muslimin, tak terkecuali umat muslim di Kabupaten Nagan Raya. 

"Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang kita laksanakan setiap tahunnya ini bukan hanya ritual tahunan semata, akan tetapi momentum ini adalah upaya kita untuk mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT. Karena banyak hikmah dan pelajaran dari perjalanan Nabi Muhammad SAW yang dapat kita petik dan kita realisasikan di kehidupan kita sehari-hari," tutur Zulfika.

Lebih lanjut Zulfika mengungkapkan, sebagai umat muslim, tentunya umat wajib meyakini terjadinya peristiwa Isra’ dan Mi’raj, terlebih peristiwa itu dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menerima mandat melaksanakan salat 5 waktu yang menjadi kewajiban utama bagi seluruh umat Islam.

"Berangkat dari peristiwa bersejarah tersebut, maka dari itu mari kita bersama-sama tingkatkan kualitas salat kita, sehingga kita dapat merasakan salat sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, bukan sebatas kewajiban yang harus ditunaikan," ucap Zulfika.

Selain itu, Zulfika juga menyampaikan, komitmen Pemkab Nagan Raya dalam mengimplementasikan pembangunan di segala bidang, termasuk dalam bidang keagamaan di Kabupaten Nagan Raya.

"Untuk itu saya berharap mudah-mudahan peringatan Isra’ Mi’raj ini menjadikan diri kita semakin dekat dengan Allah SWT, juga dapat memberikan tambahan wawasan agama kepada kita," pinta Zulfika.

Sebelumnya, Kepala DSI Nagan Raya, H. Wahidin, S.E. dalam laporannya menjelaskan bahwa, pelaksanaan kegiatan itu merupakan agenda tahunan dalam rangka mendalami kembali hikmah dari peristiwa Isra' dan Mi’rajnya Nabi Besar Muhammad SAW.

“Untuk memperbaiki diri sehingga bisa menjadi manusia yang taat kepada Allah SWT, berguna bagi agama, nusa dan bangsa serta meningkatkan kesadaran kita bahwa bukan hanya hubungan manusia dengan Tuhannya yang perlu dijaga, melainkan juga hubungan antar sesama manusia," tutup Wahidin.

Kegiatan itu turut dihadiri Forkopimda, Wakil Ketua II DPRK Nagan Raya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPK, Para Camat, ASN, sejumlah pejabat terkait lainnya, jajaran DSI Kabupaten Nagan Raya, tokoh masyarakat serta tamu undangan.



Penulis: Hendria
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com