29 Desember 2023 | Dilihat: 128 Kali
Pemkab Nagan Raya Serahkan 35 unit Rumah Layak Huni di 8 Kecamatan
noeh21
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Baitul Mal Kabupaten (BMK) menyerahkan 35 unit rumah layak huni senif fakir dan miskin yang tersebar di 8 kecamatan dari 10 kecamatan dalam wilayah setempat. Foto. Diskominfo Nagan Raya
 

IJN - Nagan Raya | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Baitul Mal Kabupaten (BMK) menyerahkan 35 unit rumah layak huni senif fakir dan miskin yang tersebar di 8 kecamatan dari 10 kecamatan dalam wilayah setempat.

Adapun bantuan rumah layak huni tersebut diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S,Sos., M.Si diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. H. Ardimartha, di Gampong Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue, Jum'at 29 Desember 2023.

Usai penyerahan bantuan rumah secara simbolis, Sekda Ardimatha dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada penerima manfaat bantuan ini.

"Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan rumah layak huni dari bantuan Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya yang pembangunannya bersumber dari dana zakat senif fakir dan miskin yang terkumpul di Baitul Mal pada tahun 2022 yang lalu," katanya.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan bahwa di tahun 2023 ini secara keseluruhan ada 54 rumah layak huni yang telah dibangun oleh Baitul Mal, yaitu 23 dibangun oleh Baitul Mal Provinsi Aceh dan 34 unit lainnya oleh Baitul Mal Nagan Raya.

"Padahal Nagan Raya telah membangun 35 unit rumah yang merupakan bantuan BMK, tapi faktor cuaca tidak mendukung dan sering banjir sampai akhir tahun ini cuma 34 unit rumah terbangun," jelas Ardimartha.

Di akhir sambutannya, Sekda berharap kepada anggota Baitul Mal Nagan Raya dan seluruh para amil Baitul Mal, untuk berupaya lebih maksimal, transparan dan terbuka kepada publik dalam mengumpulkan zakat dan infaq serta mengelolanya secara profesional, amanah dan penuh tanggungjawab sehingga kepercayaan muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal dapat lebih baik dan meningkat lagi.

Dalam Kabupaten Nagan Raya sendiri, tambah Ardi, memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah, banyak perusahaan yang saat ini menjalankan aktifitasnya di Nagan Raya, seperti perusahaan perkebunan sawit, pertambangan dan lain lain. 

"Kepada anggota Baitul Mal, datangilah mereka, bangun komunikasi dengan mereka, ajak mereka untuk berzakat ke Baitul Mal sehingga dengan demikian fakir miskin atau mustahik lainnya akan semakin banyak yang dapat disantuni," tutur Sekda Ardimatha.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Firdaus, SKM., MKM dalam laporannya mengatakan pada tahun 2023, dimulai sejak akhir September yang lalu, BMK Nagan Raya telah membangun 35 unit rumah layak huni kepada fakir dan miskin yang tersebar di 8 kecamatan dari 10 Kecamatan dalam wilayah setempat.

Adapun kecamatan yang mendapat bantuan ini lanjut Firdaus diantaranya, Kecamatan Beutong 3 unit, Seunagan Timur 1 unit, Seunagan 5 unit, Suka Makmue 6 unit, Kuala 6 unit, Tadu Raya 5 unit, Tripa Makmur 4 unit dan Darul Makmur 5 unit.

"Namun dari 35 unit rumah yang dibangun tersebut, satu diantaranya tidak bisa kita selesaikan tepat waktu di akhir tahun ini, karena kondisi di lokasi tersebut hampir sepanjang akhir tahun ini di landa banjir, yaitu di Gampong Ujong Krueng Kecamatan Tripa Makmur, dan Insya Allah akan kita lanjutkan pembangunannya di tahun 2024 yang akan datang," jelas Firdaus.

Dikatakan, mekanisme pelaksanaan pembangunannya bantuan ini dilaksanakan secara swakelola tipe 4, yaitu dilaksanakan oleh kelompok masyarakat (Pokmas), serta dilaksanakan dan diawasi oleh masyarakat itu sendiri. 

"Dengan metode ini insya Allah akan terjadi perputaran uang dimasyarakat sehingga akan berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan ekstrim di Nagan Daya," pungkas Firdaus.

Sementara itu, Keuchik Gampong Cot Kuta Sulaiman TB menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BMK Nagan Raya beserta kepala sekretariat dan jajaran pengurus Baitul Mal telah melaksanakan simbolis penyerahan rumah layak huni senif fakir dan miskin ini di Gampong Cot Kuta.

"Terima kasih juga telah melakukan pembangunan rumah tersebut yang telah di percaya kepada kelompok masyarakat (Pokmas), semoga tahun depan akan lebih banyak lagi rumah layak huni dibangun, kalau bisa ada 40 atau 50 unit untuk tahun depan," ujar Sulaiman.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan santunan untuk anak yatim diwilayah Kecamatan Suka Makmue oleh Ketua Komisi IV DPRK Nagan Faya Sigit Winarno.

Walaupun dalam suasana diguyur hujan deras, acara simbolis penyerahan rumah layak huni tersebut berjalan sukses dan jalan.

Turut hadir, Ketua Baitul Mal Kabupaten, MAA, MPD, perwakilan Kodim Nagan Raya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, sejumlah kepala SKPK, para Camat, dan aparatur Gampong Cot Kuta, masyarakat setempat serta undangan lainnya.



Penulis : Hendria Irawan
Editor: Afrizal
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com