07 November 2018 | Dilihat: 277 Kali
Pemprov Jabar dan Bekraf Teken Kesepakatan, Dongkrak Ekonomi Kraeatif
noeh21
Pemerintah Provinsi Jawa Barat teken nota kesepakatan (MoU - Memmorandum of Understanding),foto ; Harri Safiari
 

IJN - Jawa Barat | Pemerintah Provinsi Jawa Barat teken nota kesepakatan (MoU - Memmorandum of Understanding), dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), di Bali Nusa Dua  Convention Center, Rabu (7/11/218). Penandatanganan ini dilakukan disela-sela hari kedua penyelengaraan akbar World Conference on Creative Economy (WCCE), yang diikuti 2.000 peserta dari puluhan negara.

Kesepakatan bersama ini, hari itu  langsung ditandatangani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  dan Ketua Bekraf Triawan Munaf. Ini dilakukan untuk pengembangan potensi ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Barat.

WCCE ini pertama kali digelar di Bali, berlangsung selama tiga hari, dari mulai 6 - 8 November  2018. Terpantau ada sedikitnya 20 tokoh ternama di bidang industri kreatif dunia, perwakilan pemerintah, dan organisasi internasional bertindak selaku pembicara  di acara ini.

Tampak hadir di kegiatan ini, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dijadwalkan  menjadi Keynote Speech, di ajang WCCE yang.mengusung thema inclusively Creqtive,  ini tepaynya pada Rabu sore (7/11/2018).

Adapun lima isu utama di WCCE yang kerap dibahas itu, di anyaranya: kohesi sosial, regulasi, pemasaran, ekosistem, dan pembiayaan industri kreatif. Menurut penyelenggara,  lima pokok bahasan ini akan dirumuskan dalam Deklarasi Bali, lalu diusulkan ke Sidang Umum PBB tahun 2019.

Terpantau lainnya, di acara ini hadir Creativillage. Ini merupakan pameran booth berupa kapsul-kapsul interaktif. Mereka ini terdiri dari para peserta lokal dan internasional.

Tercatat peserta untuk Creativillage itu di antaranya Disney, Tick Tock, Potato Head, Tenun Sikka, London Book Fair, KOCCA, dan banyak lainnya, termasuk ada coffee lounge yang menyajikan kopi Nusantara.

"Kami perhatikan pengunjung dari dalam dan luar negeri cukup banyak yang tertarik pada cita rasa kopi Jawa Barat. Ini membanggakan," papar Erlan Effendy Ketua Bandung Music council selaku peserta yang diundang Bekraf bersama Noey dan Dany Java Jive. (Harri Safiari)
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com