31 Mei 2024 | Dilihat: 67 Kali
Pengurus SPS Aceh Adakan Pertemuan HUT ke 78, Ini Pembahasannya
noeh21
Ketua umum SPS pusat dan Ketua SPS Provinsi Aceh saat acara awarsd SPS di Jakarta. | (Foto dok SPS Provinsi Aceh)
 

IJN - Banda Aceh | Hari Ulang Tahun (HUT) Serikat Perusahaan Pers (SPS), hanya tersisa dalam waktu hitungan hari atau tepatnya pada 8 Juni 2024 pekan depan.
 
Momentum ini benar-benar dimanfaatkan unsur pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Aceh untuk menyatukan visi dan kolaborasi dalam mempersiapkan suksesi HUT tersebut.
 
Nah, sebab itu para pengusaha yang tergabung dalam SPS Aceh yang merupakan Konstituen Dewan Pers, menggelar pertemuan, Kamis, 30 Mei 2024, di Banda Aceh.
 
"Pertemuan ini membahas tentang persiapan ulang tahun SPS ke 78, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar pengurus SPS Aceh yang saya nahkodai sejak Tahun 2022 lalu," kata Ketua SPS Aceh, Muktarruddin Usman, SE dalam keterangan, Jum'at, 31 Mei 2024.
 
Dalam pertemuan tersebut, pengurus SPS Aceh membahas rencana dan bentuk kegiatan yang sesuai dengan kondisi perusahaan pers terkini khususnya di bumi serambi Mekkah.
 
"Tantangan semakin besar, mulai dari pengembangan bisnis hingga soal sumberdaya manusia harus terus kita tingkatkan. Ini segendang sepenarian dengan visi dan misi saya sejak awal memimpikan organisasi perusahaan pers ini," ujar Bos Media Aceh ini.
 
Untuk itu, pihak SPS di Aceh akan memperingati acara HUT ke 78 secara sederhana tapi penuh makna.
 
"Acaranya tak besar dan megah, kami akan berdoa di hari ultah, kami tak undang pihak luar, hanya berdoa bersama anak yatim saja," ungkap Muktaruddin.
 
Sekilas tentang SPS Serikat Perusahaan Pers atau SPS adalah sebuah organisasi tempat berkumpulnya para penerbit pers dan media cetak. SPS didirikan di Jogjakarta, 8 Juni 1946. Sebelumnya, organisasi ini bernama Serikat Penerbit Surat Kabar.
 
Pada Kongres XXXIII yang dilaksanakan di Bali pada 7-9 Juni 2010, SPS dipimpin oleh ketua umum mantan pemilik Grup Jawa Pos, Dahlan Iskan dan Jakob Oetama sebagai ketua dewan pertimbangan yang menjabat mulai tahun 2010-2015. 
 
Kemudian, dalam kongres SPS XXIV yang berlangsung di Hotel Harris Batam Center, Batam, Kepulauan Riau, 6 Februari 2015, Dahlan Iskan kembali terpilih sebagai ketua umum SPS periode 2015-2019.Proses pemilihan ketua umum tersebut berlangsung dengan mekanisme aklamasi.Pembukaan Kongres SPS XXIV juga diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersamaan dengan pembukaan ASEAN Summit yang merupakan rangkaian acara memperingati Hari Pers Nasional 2015. 
 
Selanjutnya, Januar P Ruswita terpilih menjadi Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) periode 2023 - 2027 dalam Kongres XXVI SPS di Medan, Sumatera Utara, Selasa.
 
"Terima kasih atas kepercayaannya. Amanah ini, tentu tidak bisa saya tolak. Saya berharap SPS sebagai organisasi pers tertua, bisa terus menjaga kekompakan. Marwah SPS coba kita tingkatkan lagi," ujar Januar usai terpilih menjadi Ketua Umum SPS.
 
Januar P Ruswita terpilih secara aklamasi menggantikan Alwi Hamu yang merupakan Ketua Umum SPS periode 2019 - 2023 dalam rangkaian perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara.
 
Pemilihan ketua umum ini ditentukan oleh SPS provinsi se Indonesia mewakili seluruh anggota SPS, terdiri atas sekitar 600 anggota media arus utama. 
 
Penulis : Hendri 
Editor : Af
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com