24 Februari 2023 | Dilihat: 537 Kali
Penjelasan DLH Terkait Semburan Air Laut di PLTU 3-4 Nagan Raya
noeh21
Semburan air laut di PLTU 3-4 Nagan Raya yang viral di Tiktok
 

IJN - Suka Makmue | Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, SSos, MSi, instruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat cek kebocoran pipa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3-4 di Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir, Kamis 23 Februari 2023.

Instruksi orang nomor satu Nagan Raya itu sehubungan adanya laporan dugaan terjadi kebocoran pipa di lokasi pembangunan PLTU 3-4 pada Minggu (19/2) kemarin sekitar pukul 17.45 WIB.

Kepala DLH Nagan Raya, T Zeddy Surachman SE.,M.Si, bersama tim turun memverifikasi lokasi dugaan kobocoran dan membenarkan kejadian tersebut. 

"Benar, terjadi kebocoran dan pada saat tim tiba dilokasi, genangan air telah surut," katanya.

Menurut Zeddy, penyebab kebocoran dan terjadi semburan air itu saat dilakukan uji coba penyedotan air laut untuk pengetesan saluran pipa ke Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Namun, terjadi miskomunikasi antara tim engineering saat membuka kran untuk pendingin boiler (ketel uap) yang belum terinstal air mengalir pada pipa yang belum tersambung, sehingga menyebabkan semburan air. 

"Namun, kejadian tersebut tidak berlangsung lama dan cepat diatasi oleh pihak engineering serta tidak ada bahan kimia digunakan yang bisa membahayakan lingkungan," jelasnya. (Red)
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Mesjid, Punge Ujung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh.
Email : redaksiindojaya@gmail.com
Telp. 0821-6735-4345 - 0811 681 450


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com