12 September 2018 | Dilihat: 204 Kali
Peringatan 1 Muharam Aceh Singkil Molor
noeh21
MPTT aceh Singkil ketika Melakukan Peringatan 1 Muharram di Mesjid Baitusshalihin, Kampong Pulo Sarok, Singki. (foto; ijn)
 

IJN | Aceh Singkil - Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam  1440 Hijriah, tingkat Kabupaten Aceh Singkil molor dari tanggal yang seharusnya jatuh, Selasa (11/9/2018).

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Aceh Singkil, H.Nasir Salasa, kepada IJN, Selasa malam, memgatakan, untuk peringatan 1 Muharam tingkat kabupaten tahun ini, rencananya akan dilaksanakan, Selasa malam, 25/9/2018 mendatang.

Untuk peringatan tahun baru Islam Kabupaten Aceh Singkil kali ini, akan dilaksanakan secara sederhana, di Mesjid Baiturrahmah, Kampong Ujung, Singkil, dengan mendatangkan penceramah dari Kota Sibolga, ucapnya.

Molornya peringatan 1 Muharam tersebut, Nasir berdalih karena persiapan Ustadz penceramah yang akan didatangkan belum siap dan di malam tahun baru islam itu banyak acara peringatan zikir yang dilakukan diberbagai tempat dapam Kabupaten Aceh Singkil.

Nasir mengatakan, rencananya dalam peringatan 1 Muharam nanti akan digelar ceramah dan zikir bersama para anak-anak santri dayah/pasantren daerah setempat. Namun, untuk itu terlebih dahulu pihak PHBI akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait.

Ketua PHBI mengaku, anggaran untuk kegiatan zikir memang tidak ada. "Namun untuk peringatan peringatan 1 Muharam tahun ini ada dianggarkan", tutup Nasir.

Sebelumnya, Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Aceh Singkil, Amir Hasan mengaku, untuk pelaksanaan peringatan tahun baru Islam tingkat Kabupaten setempat tahun ini ada. Tapi untuk pelaksanaannya peringatan 1 Muharam, sesuai dengan kesepakatannya itu lining sektornya PHBI, ujarnya.

Sementara MPTT Aceh Singkil, Senin Malam, 10/9/2018, melaksanakan peringatan 1 Muharam 1440 Hijriah, Di Mesjid Baitushalihin, Kampong Pulo Sarok.
Dan Informasinya, dimalam tahun baru Islam kali ini, Pemko Subulussalam juga melaksanakan peringatan 1 Muharam 1440 Hijriah, dengan dihadiri Unsur Forkopimda. (Erwan) 
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com