01 Oktober 2020 | Dilihat: 93 Kali
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Nagan Raya Berlangsung Khidmat
noeh21
 

IJN - Nagan Raya | Dalam peringatan upacara Hari Kesaktian Pancasila seperti biasa Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melaksanakan dilapangan terbuka dengan menaikan bendera merah putih yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Oktober, namun pada tahun ini ditengah situasi pandemi Covid-19 peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung secara virtual.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Nagan Raya berlangsung digelar di Aula Bappeda, Kamis 1 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Nagan Raya diantaranya Bupati Nagan Raya yang diwakil Plt. Sekda Ir. Ardi Martha, Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Dedi Irmayanda, Dandim 0116 Nagan Raya, Kapolres, dan Kajari.

"Hari ini kita peringati hari Gugurnya Pahlawan Nasional akibat kekejaman PKI yang terjadi pada tahun 1965 yang dikenal dengan tragedi lubang buaya atau G30S PKI secara virtual melalui monitor,"Kata Ir. Ardi Martha.

Menurutnya, hal ini dilaksanakan sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  Nomor 86491/MPK.F/ TU/2020 tanggal 28 September 2020 yang ditandatangani oleh Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim.

Berdasarkan surat edaran tersebut diperintahkan agar setiap daerah untuk pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan secara virtual, berhubung situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Dan pelaksanaan upacara secara nasional berlangsung dimonumen Pancasila Sakti, Jl. Pondok Gede, Lubang Buaya Jakarta Timur.

"Kita juga diperintahkan untuk menaikkan bendera setengah tiang pada tanggal 30 September 2020 dan pada tanggal 1 Oktober 2020, tepatnya Pukul 06.00 WIB bendera berkibar satu tiang penuh"jelas Ir. Ardi Martha.

Sementara upacara yang berlangsung di monumen sakti Jakarta dipimpin langsung Presiden Ir. H. Joko Widodo, dan didampingi langsung Mendikbud RI Nadiem Anwar Makarim. Acara itu juga dihadiri Panglima TNI dan Kapolri serta pejabat Negara lainnya.

Penulis: Hendria Irawan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com