22 Oktober 2019 | Dilihat: 211 Kali
Perluas Jangkauan, Desa di Aceh Singkil Dilatih PDRA
noeh21
Para Kepala Kampung percontohan Aceh Singkil bersama perangkatnya foto bersama dengan pihak DPMK, PKBI, Uniceh, Flower Aceh dan DP3AP2KB Aceh Singkil.
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai upaya untuk memperluas jangkauan dan advokasi, 4 Kampung Percontohan Kabupaten Aceh Singkil yang terpilih, dilatih Pembangunan Desa Ramah Anak (PDRA).
 
Dalam kegiatan yang didukung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Aceh, bekerjasama dengan UNICEF dan Perkumpulan Flower Aceh sebagai mitra pelaksana, dilaksanakan di aula Bapeda Aceh Singkil, Selasa, 22 Oktober 2019.
 
"Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terkait pemenuhan hak-hak anak bersifat timbal balik yang saling menguatkan," ucap Doni salah seorang perwakilan Flower Aceh district Aceh Singkil.
 
Dikatakan, program pemberdayaan anak akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup anak-anak dengan hasil yang diperoleh menguatkan keberdayaan anak-anak sebagai subjek pembangunan desa kedepannya.
 
"Karena anak-anak sebagai subjek pembangunan memiliki daya/kuasa dan berhak untuk ikut serta dalam Musyawarah Desa yang diadakan secara khusus untuk membahas dan menyepakati kepastian kebijakan menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tentang Pembangunan Desa," ujarnya.
 
"Dengan terpilihnya Kampung Pulo Sarok, Telaga Bakti, Sukarejo, dan Mukti Jaya, sebagai desa percontohan PDRA diKabupaten Aceh Singkil, perlu dilakukan peningkatan kapasitas dan pengetahuan untuk mengakselerasi dan mengoptimalkan pelaksanaan program tersebut," ungkapnya.
 
Diharapkan, dengan dilaksanakan nya kegiatan tersebut dapat mendorong Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil untuk menyusun Peraturan terkait Pembangunan Desa Ramah Anak (PDRA).
 
Begitu juga dapat meningkatkan kapasitas Pemerintah Daerah, Desa dan Pendamping Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan desa yang responsif terhadap Pemenuhan Hak-Hak Anak di tingkat desa.
 
"Serta mengidentikasi, memetakan potensi desa yang akan menjadi faktor pendukung, peluang dan tantangan yang akan dihadapi dalam proses implementasi PDRA di Kabupaten Aceh Singkil," harapnya.

Dalam kegiatan yang diikuti Kepala Kampung serta perangkatnya, hadir sebagai narasumber Satker Dinas PMG Aceh, Irhamudin, PKBI Aceh, Eva Khovifah bekerjasama dengan UNICEF dan Perkumpulan Flower Aceh sebagai mitra pelaksana serta pihak DPMK dan DP3AP2KB Aceh Singkil.
 
Penulis : Erwan
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com