30 Desember 2019 | Dilihat: 217 Kali
Pertamina Bekerjasama Dengan Rumah Zakat Provinsi Aceh Tanam 6000 Manggrove di Sabang
noeh21
 

IJN - Sabang | Sebagai Upaya menjaga keseimbangan ekosistem alam dan juga Abrasi, PT Pertamina (Persero) marketing operation region (MOR) I fuel terminal Sabang bekerjasama dengan Rumah Zakat Provinsi Aceh tanami pohon manggrove sebanyak enam ribu batang. 
 
Penanaman enam ribu batang pohon manggrove itu dilakukan oleh kelompok tani masyarakat yang dipusatkan di Jurong gampong baroe kawasan pesisir Gampong Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang pada, Senin 30 Desember 2019. 
 
Kegiatan pelestarian yang dilaksanakan itu merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Pertamina (Persero) terhadap lingkungan di Kota Sabang.
 
Demikian dikatakan Manager PT Pertamina MOR I fuel terminal Sabang Achmad Wahyudi. 
 
PT. Pertamina juga sangat berterimakasih kepada pemerintah Kota Sabang dan masyarakat Gampong Jaboi yang telah memberikan dukungannya terhadap program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Pertamina dalam penanaman manggrove di daerah itu.
 
Menurutnya, dengan program penghijauan yang dilaksanakan tersebut dapat bermanfaat bagi anak dan cucu dari generasi sekarang dimasa akan datang, terutama bagi keseimbangan ekosistem alam di Kota Sabang.
 
Achmad Wahyudi mengharapkan, semoga apa yang kita usahakan dan ditanam hari ini bisa bermanfaat dimasa mendatang, terutaman ekosistem alam khususnya di wilayah Kota Sabang. 
 
Ditambahkan, program penanaman mangrove tersebut merupakan program CSR PT Pertamina (Persero) Fuel Terminal Sabang dalam aspek lingkungan pada tahun 2019.
 
"Sebelumnya pihak Pertamina juga telah melaksanakan launching program bantuan dibidang pendidikan untuk 6 unit sekolah, program kesehatan berupa revitalisasi Posyandu Sehati dan community development bidang UKM olahan Ikan," ujar Achmad Wahyudi. 
 
Terakhir dikatakan, Penanaman manggrove ini merupakan bentuk pencegahan abrasi khususnya di wilayah pesisir pantai, sedangkan untuk pengawasan selanjutnya kita serahkan kepada pihak rumah zakat Aceh sebagai mitra kerjasama PT Pertamina MOR I fuel terminal Sabang.
 
Sementara itu, Walikota Sabang Nazaruddin SI Kom yang diwakili Kadis lingkungan hidup dan kebersihan Ir Anas Fahruddin sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas program yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Sabang.
 
“Atas nama pemerintah kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. karena apa yang telah dilakukan pemerintah termasuk di dalamnya juga PT. Pertamina dan rumah zakat ini, sangat kita butuhkan untuk menjaga lingkungan pesisir.
 
 "Kita tau Sabang ini kota wisata yang sangat diprioritaskan kawasan laut dan pesisirnya, Jadi kita upayakan kawasan itu jangan ada yang rusak," harap Anas.
 
Menurutnya, hal ini juga merupakan salah satu upaya pihak- pihak yang perduli akan kelestarian alam, dalam mendukung keberlangsungan pengembangan pariwisata Sabang, yang didominasi oleh pariwisata laut dan pantai.
 
Lanjut dikatakan Anas, Kami berharap adanya NGO lain yang ikut berpartisipasi, apakah melalui kegiatan pelestarian lingkungan, pengelolaan sampah, sosialisasi kebersihan atau lainnya. 
 
"Karena sampai saat ini kita melihat kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan itu masih sangat kurang, sebagai bukti banyak masyarakat yang berani membuang sampah sembarangan tempat padahal tong sampah telah dipersiapkan," tutup Anas. 
 
Hadir pada kegiatan tersebut, Manager PT. Pertamina (Persero) MOR l Fuel Terminal Sabang, Kepala DLHK Sabang, perwakilan TNI AL Sabang, Perwakilam Koramil Sukajaya, perwakilan Polsek Sukajaya, Kepala urasan pemerintahan kantor Geucik Jaboi, Kepala Rumah Zakat Aceh beserta jajaran, serta sejumlah petani mangrove dan masyarakat Gampong Jaboi. 
 
Penulis : Iin
Kantor Media Indojayanews.com
Klik Di Sini
Jl. Cendana Utama, lr.Jampeitam I
Kecamatan Syiah Kuala.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
Email : redaksiindojaya@gmail.com


Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com