14 Juni 2019 | Dilihat: 300 Kali
Petani di Abdya Pekan Ini Kembali Sibuk Garap Sawah
noeh21
Ilustrasi foto, Petani Abdya dengan Pendampingan Babinsa sedang membajak sawah
 

IJN - Abdya |  Dalam Minggu ini para petani di Kabupaten Aceh Barat Daya akan mulai disibukan dengan kegiatan mengolah lahan dan menggarap sawah. 

"Meskipun di Sembilan Kecamatan belum siap semua panen, tapi kita sudah sepakati pertengahan bulan ini kita harus mulai kembali garap sawah," kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Abdya Drh. Nasrudin kepada IJN di Blangpidie, Jumat 14 Juni 2019.

Nasruddin mengungkapkan keputusan itu diambil dari hasil musyawarah turun ke sawah pada Selasa (11/6) kemarin, dipimpin langsung Wakil Bupati Abdya Muslizar MT dengan melibatkan para Danramil, Babinsa, Penyuluh dan petugas terkait lainnya.

Disinggung tentang hasil panen padi kali ini, Nasruddin menyebutkan berdasarkan hasil data dari bidang Produksi saat panen ubinan, produktifitas padi di Abdya rata-rata berkisar 8 Ton lebih. Itu artinya hasil panen padi kali ini cukup memuaskan.

Lanjutnya, keberhasilan panen tersebut akan kembali ditargetkan, melalui program tanam serentak dengan memaksimalkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang ada.

"Untuk mendukung program tanam serentak nanti kita telah siapkan sekitar 45 unit traktor 4WD dan Puluhan handtraktor yang siap pakai. Jumlah ini akan bertambah lagi dengan beberapa unit yang posisinya sekarang sedang diperbaiki," urainya.

Selain itu, Nasruddin juga mengklaim saat ini Distanpan Abdya telah memiliki Alsintan baru yang jauh lebih modern, yakni traktor yang langsung bisa membuat bedengan. Katanya, traktor ini telah diuji coba bisa membantu pekerjaan petani mengolah lahan untuk bedengan jagung, kacang, dan cabai. 

Penulis : Heri Purwanto
Editor : Rudi H
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com