02 September 2019 | Dilihat: 232 Kali
PHBI, Peringatan Tahun Baru Islam Aceh Singkil, Seimbang Dengan Event Internasional
noeh21
Ketua PHBI Aceh Singkil, H.Rosman Hasmi.
 

IJN - Aceh Singkil | Sebagai daerah tempat lahirnya ulama besar Aceh, Syekh Abdurrauf As Singkily, PHBI Aceh Singkil mewacanakan pelaksanaan peringatan Tahun Baru Islam kali ini paling tidak seimbang dengan kegiatan event besar seperti Festival Internasional yang baru dilaksanakan didaerah setempat.
 
"Dalam peringatan tahun baru Islam kali ini, akan direncanakan setidaknya seimbang dengan event internasional yang baru terlaksana didaerah setempat. Masak kegiatan lainnya seperti Festival Internasional bisa dilaksanakan, ini hari besar Islam, paling tidak bisa berimbanglah," ucap Ketu PHBI Aceh Singkil, H. Rosman Hasmi, Minggu, 1 September 2019.
 
Dikatakannya, untuk peringatan tahun baru Islam 1441 H/2019 ini akan dilaksanakan di 12 Muharram mendatang. Karena pihak PHBI akan melakukan rapat, merencanakan kegiatan tersebut dengan Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Aceh Singkil, merupakan bidang dan lining sektor perpanjang tanganan Pemkab setempat.

Ketua PHBI menambahkan, sebenarnya seluruh elemen masyarakat sebagai umat muslim diajak dan harus terlibat bersama-sama membesarkan peringatan hari-hari besar Islam, khususnya 1 Muharram. 
 
"Sehingga momen-momen hari besar Islam di Kabupaten Aceh Singkil, terlaksana dengan semarak dan baik," terangnya.
 
Selanjutnya Ustadz Rosman mengatakan, dimomen peringatan tahun baru Islam kali ini direncanakan kegiatannya akan dilaksanakan agak besar dengan mendatangkan mubaligh ternama dari luar daerah.
 
Namun, untuk itu Pihaknya belum bisa mengatakan apa-apa program yang akan dilaksanakan dalam peringatan tahun baru Islam kali ini.
 
"Karena pihak PHBI masih akan melakukan rapat dengan lining sektronya kegiatan Pihak Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah setempat, membahas rencana pelaksanaan peringatan tahun baru Islam," ungkapnya.
 
Sebelumnya, DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( BKPRMI ) Kabupaten Aceh Singkil, melalui Sekretaris nya, Mustafa Naibaho, sangat menyayangkan dengan sepinya kegiatan menyambut 1 Muharram dikabupaten setempat.
Hal tersebut, terlihat dengan tidak adanya dan terdengar sedikit pun kegiatan penyambutan tahun baru Islam dipusat pemerintahan ibukota Kabupaten Aceh Singkil.
 
Begitu juga, dari pantauan Indojayanews.com dilokasi, tempat biasa dilaksanakannya kegiatan diibukota Kabupaten Aceh Singkil, terlihat sepi tidak ada aktifitas rangkaian kegiatan peringatan tahun baru Islam.
 
Penulis : Erwan
Editor    : Mhd Fahmi
Jl. Lampanah Kuta Alam Banda Aceh.
Kecamatan Kuta Alam.
Kota Banda Aceh
Provinsi Aceh
​​​​​​Email : redaksiindojaya@gmail.com



Redaksi menerima kiriman opini. Panjang opini 500 – 600 kata dan dikirim ke: redaksiindojaya@gmail.com